Umam, Syarif Hidayatul (2024) EVALUASI TATA KELOLA SISTEM ELEKTRONIK TERINTEGRASI TUGAS AKHIR MAHASISWA(ELISTA) VERSI 2.0 MENGGUNAKAN COBIT 2019. S1 thesis, Sistem Inforrmasi.
![]() |
Text
REPOSITORY SKRIPSI - EVALUASI TATA KELOLA ELISTA V 2.0 - SYARIF HIDAYATUL UMAM.pdf - Published Version Download (7MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
Persetujuan dan pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Absktrak_5-5.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB I _16-22.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
BAB V_112-113.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_114-116.pdf Download (349kB) |
Abstract
Pada era digital yang semakin maju, organisasi yang memanfaatkan teknologi informasi harus memperhatikan pentingnya tata kelola teknologi informasi (TI) untuk memastikan efektivitas dan efisiensi penggunaan teknologi informasi, mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku serta mengurangi risiko yang dapat berdampak negatif. Universitas Jambi dalam penerapan teknologi informasi terus melakukaan peningkatan dan pengembangan TI guna membantu segala bentuk proses akademiknya. Salah satu bentuk teknologi informasi yang dikembangkan Universitas Jambi yaitu “Sistem Elektronik Terintegrasi Tugas Akhir Mahasiswa (ELISTA)” yang memiliki tujuan untuk mempermudah proses penyelesaian tugas akhir Mahasiswa di Universitas Jambi. Untuk memastikan pengelolaan dan implementasi ELISTA berjalan sesuai dengan tujuannya, diperlukan sebuah tata kelola TI yang baik. COBIT 2019 menjadi standar tata kelola TI yang paling banyak digunakan serta memiliki banyak keunggulan terutama karena sifatnya yang fleksibel. Evaluasi dilakukan pada tata kelola ELISTA versi 2.0 dengan berdasarkan COBIT 2019. Dengan adanya design factor pada COBIT 2019 memudahkan dalam menentukan objektif proses/domain yang penting untuk dievaluasi. Hasil analisis desain factor menunjukan BAI02 (Managed requirements definition), BAI03 (Managed solutions identification and build) dan BAI05 (Managed organizational change) sebagai objektif proses/domain yang penting untuk dievaluasi. Evaluasi yang dilakukan bertujuan mengetahui tingkat kapabilitas dan kesenjangan nilai yang diharapkan dengan tata kelola ELISTA saat ini berdasarkan objektif proses yang terpilih, sehingga nantinya dapat menyusun rekomendasi untuk dilakukan perbaikan apabila diperlukan. Hasil evaluasi tata kelola ELISTA versi 2.0 menunjukan level kapabilitas BAI02 berada pada level 3, BAI03 berada pada level 4, dan BAI05 berada pada level 3. Dimana terdapat gap pada BAI02 dan BAI05 sebanyak 1 nilai, sedangkan BAI03 sudah mencapai level yang diharapkan. Rekomendasi diberikan kepada universitas jambi sesuai dengan hasil evaluasi pada ketiga objektif proses terpilih, dan diharapkan dapat memperbaiki dan meningkatkan tata kelola ELISTA versi 2.0
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Umam |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 01:58 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 01:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |