Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Berbasis Education for Sustainable Development (ESD) pada Materi Daur Nitrogen untuk Kelas X SMA

Lestari, Anggi (2023) Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Berbasis Education for Sustainable Development (ESD) pada Materi Daur Nitrogen untuk Kelas X SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (359kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (217kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (19MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Adanya keterbatasan waktu dan variasi media yang kurang tepat sering menjadi masalah dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan inovasi media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan mempertimbangkan konten yang dapat mengoptimalkan keterampilan abad 21 pada diri peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, mendeskripsikan persepsi guru dan respon peserta didik, serta mengetahui efektivitas video animasi berbasis Education for Sustainable Development (ESD) pada materi daur nitrogen. Jenis penelitan merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Jenis data penelitian ini yaitu kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket penilaian validasi oleh validator materi dan media, angket persepsi guru dan siswa, tes belajar kognitif yang dianalisis menggunakan uji paired t-test dan n-gain dengan SPSS versi 20, serta penyebaran melalui Youtube. Subjek ujicoba adalah peserta didik kelas XI F4 SMAN 12 Kota Jambi. Hasil akhir dari validator materi dan media ‘sangat layak’ dengan masing-masing nilai sebesar 93,3% dan 88,3%. Hasil persepsi guru biologi ‘sangat baik’ dengan nilai sebesar 96,67%. Hasil persepsi peserta didik kelompok kecil dan kelompok besar ‘sangat baik’ dengan nilai 90,07% dan 89,03%. Hasil uji efektivitas dengan paired sample t-test, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 (< 0,05) yang menunjukkan penggunaan video animasi pembelajaran berbasis ESD berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Kemudian penyebarluasan melalui platform Youtube dalam kurun waktu sebulan memperoleh jumlah 160 kali ditonton, 79 suka dan 53 komentar. Dengan demikian, disimpulkan bahwa video animasi berbasis ESD layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada materi daur nitrogen.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Daur Nitrogen, ESD, dan Video Animasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LESTARI
Date Deposited: 12 Jan 2024 01:40
Last Modified: 12 Jan 2024 01:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60166

Actions (login required)

View Item View Item