Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika SMP

Putra, Aan Febriadi Kurnia (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Full Teks.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (574kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Bab Kesimpulan atau Bab V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena sering dijumpai dalam kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru, yang mengakibatkan peserta didik kurang berperan aktif. Selain itu, penggunaan bahan ajar instan atau cetakan penerbit seperti LKS akan beresiko apabila bahan ajar tidak kontekstual, tidak menarik dan cenderung monoton. Kedua permasalahan tersebut dapat mengakibatkan turunya motivasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mendeskripsikan kualitas Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika SMP berdasarkan kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Muaro Jambi, dengan subjek uji coba adalah seorang guru metematika untuk uji perorangan, 6 orang peserta didik untuk uji kelompok kecil, dan satu kelas untuk uji kelompok besar. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) Produk LKPD Berbasis Model ICARE Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika SMP yang dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE, (2) Kualitas produk dinilai berdasarkan 3 kriteria yaitu valid, praktis, dan efektif. Kriteria kevalidan diperoleh dari validasi desain sebesar 82,22% (sangat valid) dan validasi materi sebesar 83,52% (sangat valid). Keriteria kepraktisan diperoleh dari angket respon pendidik sebesar 82,86% (sangat baik) dan angket respon peserta didik sebesar 74,56% (baik). Kriteria keefektifan diperoleh dari angket motivasi belajar yang mengalami peningkatan sebesar 19,06%, hasil angket motivasi sesudah pembelajaran sebesar 77,38% (baik), dan tes hasil belajar sebesar 81% (tinggi). Sehingga LKPD Berbasis Model ICARE Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika SMP valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, ICARE, Motivasi belajar matematika

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: PUTRA
Date Deposited: 12 Jan 2024 01:34
Last Modified: 12 Jan 2024 01:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60178

Actions (login required)

View Item View Item