Kurniawan, Dio Trisna Aditya (2024) ANALISIS DETERMINAN PENDAPATAN UMKM PENERIMA KREDIT MIKRO PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAMBI CABANG SUTOMO (Studi Kasus : Pedagang Ayam Potong di Pasar Angso Duo & Pasar Talang Banjar). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover (1).pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
BAB I...pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
BAB VI (2).pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
Skripsi Dio Trisna .pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA...pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan dio.pdf Download (575kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK (2).pdf Download (16kB) |
Abstract
UMKM merupakan salah satu kelompok pelaku ekonomi yang berpengaruh signifikan di Indonesia. Mayoritas PDB tahunan Indonesia dipengaruhi oleh UMKM. UMKM memberikan kontribusi yang besar terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) yaitu sebesar 61,97 persen dari PDB nasional atau Rp. 8.500 triliun dolar pada tahun 2020. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik pendapatan UMKM Pedagang Ayam Potong Penerima Kredit Mikro serta untuk mengetahui pengaruh variabel modal, tenaga kerja, strategi penjualan, dan kredit usaha rakyat terhadap pendapatan UMKM pedagang ayam potong di Pasar AngsoDuo dan Pasar Talang Banjar. Data yang digunakan adalah data primer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan mengajukan kuesioner survey terhadap 67 responden pedagang ayam potong. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan SWOT dengan menggunakan alat regresi SPSS. 21. Hasil penelitian ini berdasarkan karakteristik, yaitu diketahui bahwa mayoritas pedagang ayam berjenis kelamin laki laki, rata-rata berusia responden 56-60 tahun, dengan jumlah tanggungan rata-rata 2 tanggungan. Responden berdasarkan tingkat pendidikan adalah Sekolah Menengah Atas (SMA). Modal usaha pedagang ayam rata-rata sebesar Rp.21.857.142, dengan jumlah tenaga kerja rata-rata 13 orang, strategi penjualan masih offline. Omset pedagang ayam potong rata-rata Rp. 55.571.428, dengan pinjaman KUR rata-rata Rp. 213.714.285 dan rata-rata pendapatan pedagang sebesar Rp.21.857.142. Adapun hasil penelitian koefisien regresi menunjukkan bahwa Tenaga Kerja, Strategi Penjualan, Dan Kredit Mikro berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM pedagang ayam potong penerima kredit mikro. Sedangkan modal usaha tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan UMKM pedagang ayam potong penerima kredit mikro. Kata Kunci: UMKM, Tenaga Kerja, Strategi Penjualan, Kredit Mikro. MSMEs are a group of economic actors that have a significant influence in Indonesia. The majority of Indonesia's annual GDP is influenced by MSMEs. MSMEs make a large contribution to GDP (Gross Domestic Product), namely 61.97 percent of national GDP or $8500 in 2020. So this research aims to analyze the characteristics of MSMEs of Broiler Chicken Traders Receiving Micro Credit and to determine the influence of capital, labor, sales strategy, and people's business credit variables on the income of MSMEs of broiler chicken traders at Angso Duo Market and Talang Banjar market. The data used is primary data. The method used in this research is a survey method by submitting a survey questionnaire to 67 broiler chicken trader respondents. The analytical tools used are multiple regression analysis using SPSS. 21 and SWOT . The results of this research are based on characteristics, namely that the majority of chicken traders are male, the average age of respondents is 56-60 years, with an average of 2 dependents. Respondents based on education level were Senior High School. The average business capital for chicken traders is IDR 21,857,142, with an average workforce of 13 people, the sales strategy is still offline. The average turnover of broiler chicken traders is IDR. 55,571,428, with an average KUR loan of Rp. 213,714,285 and the average trader's income is IDR 21,857,142. The results of the regression coefficient research show that Labor, Sales Strategy, and Micro Credit have a positive and significant effect on the income of MSME broiler traders who receive micro credit. Meanwhile, business capital does not have a significant effect on the income of MSME broiler chicken traders who receive micro credit. Keywords: MSMEs, Labor, Sales Strategy, Micro Credit.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UMKM, Tenaga Kerja, Strategi Penjualan, Kredit Mikro. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | KURNIAWAN |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 06:36 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60214 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |