ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HIDROKARBON DI SMA N 4 KOTA JAMBI

SETIAWAN, RIAN ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HIDROKARBON DI SMA N 4 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HIDROKARBON DI SMA N 4 KOTA JAMBI.

[img] Text
02. HALAMAN JUDUL.docx

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (36kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (790kB) | Preview
[img] Text
BAB I yes fix.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB V yes fix.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Setiawan, Rian. 2018. Analisis Keterlaksanaan Model Problem Based Learning dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hidrokarbon Di SMA N 4 Kota Jambi.Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Dr. Yusnelti, M.Si. Pembimbing II: Dr. Drs. Harizon, M.S.i Kata kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Hidrokarbon. Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang ada di sekolah dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak terangsang untuk berpikir kritis. Penerapan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi hidrokarbon di SMAN 4 kota jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based baik dari guru maupun siswa, dan tes essay keterampilan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data kualitatif menggunakan Miles and Huberman dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment dan analisis koefisien determinasi (r2). Keterlaksanaan model pembelajaran pembelajaran Problem Based Learning baik siswa maupun guru mengalami peningkatan setiap pertemuan dengan persentase model oleh siswa sebesar 70,43% dikategorikan baik, dan persentase berpikir kritis siswa sebesar 70,28% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan keterampilan berpikir kritis dikategorikan sedang dengan nilai rxy 0,53. Kemudian dilakukan analisis koefisien determinasi didapatkan hasil sebesar 28% dalam kategori rendah. Hal ini menandakan bahwa model problem based learning hanya 28% mempengaruhi keterampilan metakognitif pada tingkat berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model Problem Based Learning terlaksana dengan baik dan berpengaruh positif pada materi hidrokarbon di kelas XI MIPA SMAN 4 Kota Jambi terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: RIAN SETIAWAN
Date Deposited: 19 Nov 2018 07:08
Last Modified: 19 Nov 2018 07:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6033

Actions (login required)

View Item View Item