PENGEMBANGAN BUKU DIAGNOSIS MISKONSEPSI SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA STATIS

Fitriani, Riska PENGEMBANGAN BUKU DIAGNOSIS MISKONSEPSI SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA STATIS. 2024.

[img] Text
TESIS RISKA FITRIANI_P2A522019_S2.pdf

Download (14MB)
[img] Text
cover fix.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (766kB)
[img] Text
ABSTRAK_RISKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I_RISKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text
Bab VI_Riska.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_RISKA.pdf

Download (437kB)

Abstract

Fitriani, Riska. 2023. Pengembangan Buku Diagnosis Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Fluida Statis: Tesis, Program Studi Pendidikan IPA, Pascasarjana, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Drs. Maison, M.Si., Ph.D., (II) Prof. Dr. rer. nat. Drs. Asrial, M.Si. Proses pengembangan buku diagnosis miskonsepsi siswa SMA pada bidang fisika didorong oleh kebutuhan tentang pentingnya untuk mendiagnosis miskonsepsi yang umum terjadi. Permasalahan miskonsepsi dalam pembelajaran fisika dapat menjadi hambatan serius bagi pemahaman konsep siswa. Oleh karena itu, perlu adanya pedoman dalam mendiagnosis miskonsepsi berupa buku yang dapat membantu guru mendiagnosis miskonsepsi siswa secara lebih efektif khususnya pada materi fluida statis. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara mendalam proses pengembangan buku diagnosis miskonsepsi siswa SMA pada materi fluida statis. Tujuan kedua adalah mengetahui kelayakan konseptual buku dengan melibatkan validasi ahli materi dan ahli media, dan tujuan ketiga adalah mengetahui kelayakan secara prosedural melalui respon positif guru terhadap buku yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan menerapkan model ADDIE. Research & Development bertujuan untuk menghasilkan produk, dan dalam konteks ini, produk yang dikembangkan adalah buku diagnosis miskonsepsi siswa SMA pada materi fluida statis. Model ADDIE, yang terdiri dari Analysis, Design, Development, dan Evaluation, dipilih karena memberikan prosedur kerja yang sistematis dengan pengacuan pada langkah sebelumnya pada setiap tahapan, meminimalisir kekurangan produk, dan memiliki fleksibilitas yang relevan dengan kondisi penelitian ini Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan buku diagnosis miskonsepsi siswa SMA pada materi fluida statis dilaksanakan dengan metode Research & Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Tahap awal melibatkan analisis kebutuhan dengan memahami harapan dan kebutuhan guru fisika di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Desain buku dievaluasi oleh validator ahli materi dan ahli media, dan revisi dilakukan berdasarkan saran validator untuk selanjutnya dilakukan uji coba. Hasil validasi ahli materi dan ahli media menghasilkan penilaian "Sangat Baik" secara konseptual. Berdasarkan uji coba produk yang melibatkan guru fisika di SMA Negeri 1 Kota Jambi juga menghasilkan respon yang sangat baik, dengan rata-rata penilaian 3,8 dalam kategori "Sangat Baik" dan telah memenuhi kelayakan secara prosedural. Secara keseluruhan, buku diagnosis miskonsepsi ini berhasil dikembangkan dan dinyatakan sangat layak digunakan dalam diagnosis miskonsepsi siswa SMA pada bidang fisika khususnya pada materi fluida statis untuk konsep gaya apung.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: RISKA FITRIANI
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:01
Last Modified: 15 Jan 2024 08:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60360

Actions (login required)

View Item View Item