Buana, Eka Yuga and Asrial, Asrial and epinur, epinur PENGEMBANGAN e-BOOK BERBASIS PETA KONSEP PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DI KELAS XII SMA. PENGEMBANGAN e-BOOK BERBASIS PETA KONSEP PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DI KELAS XII SMA.
Text
i COVER YUGA.docx Download (46kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Download (42kB) |
|
Text
v DAFTAR ISI.docx Download (21kB) |
|
Text
1 BAB 1 (bismilah) yuga (Autosaved).docx Download (45kB) |
|
Text
5 BAB 5 Yuga.docx Download (20kB) |
Abstract
Peta konsep merupakan cara mencatat yang kreatif, efektif dan secara harfiah akan memetakan pikiran seseorang sehingga dapat mempermudah dalam menempatkan dan mengeluarkan informasi dari otak. Pembelajaran berbasis peta konsep adalah strategi pembelajaran yang sudah dilakukan oleh beberapa guru yaitu dengan cara menggerakkan siswa untuk menemukan konsep dalam pengetahuan kimia melalui bahan ajar. Dengan kemajuan teknologi, bahan ajar dapat dikembangkan ke dalam bentuk elektronik yaitu berupa e-book . penyajian materi dalam e-book dapat dilengkapi dengan animasi, audio, video, teks dan link dengan software 3D PageFlip. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar e-book berbasis peta konsep menggunakan 3D PageFlip pada materi sifat koligatif larutan di kelas XII SMA Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap, analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, angket validasi media dan angket validasi materi. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media dan materi selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil yakni sepuluh orang siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Kota Jambi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah bahan ajar e-book berbasis peta konsep yang telah melalui tahap validasi ahli media dan validasi ahli materi dengan skor validasi media yaitu 91 (sangat layak), serta skor validasi materi 68 (sangat layak), dan penilaian guru masing-masing diperoleh jumlah skor jawaban sebesar 118 (sangat baik) selanjutnya persentase skor respon siswa diperoleh sebesar 92% (sangat baik). Berdasarkan validasi media, validasi materi serta penilaian guru dan respon siswa, secara keseluruhan disimpulkan bahwa bahan ajar e-book ini sangat baik dan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | EKA YUGA BUANA |
Date Deposited: | 21 Nov 2018 07:26 |
Last Modified: | 21 Nov 2018 07:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6037 |
Actions (login required)
View Item |