Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Kedudukan dan Fungsi Pancasila Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 5 Muaro Jambi

Mustamiroh, Mustamiroh (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Kedudukan dan Fungsi Pancasila Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 5 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (158kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (131kB)
[img] Text
daftar rujukan.pdf

Download (208kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (350kB)
[img] Text
skripsi Mustamiroh.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Mustamiroh. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Kedudukan dan Fungsi Pancasila Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 5 Muaro Jambi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Drs. Akmal Sutja, M. Pd. Pembimbing (2) Siti Tiara Maulia, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: TGT (Teams Games Tournament), Hasil Belajar, PPKn Data observasi awal di SMP Negeri 5 Muaro Jambi menunjukkan adanya permasalahan rendahnya hasil belajar siswa. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berasal dari penggunaan strategi pengajaran konvensional yang terus menerus oleh guru, yang membuat pengajaran menjadi membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami atau mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif yang dikenal dengan Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa dengan materi kedudukan dan fungsi pancasila pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMP Negeri 5 Muaro Jambi Dalam pelaksanaan penelitian ini, metodologi penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen yang digunakan. Salah satu sekolah yang menjadi tempat dalam penelitian ini adalah kelas VIII di SMP Negeri 5 Muaro Jambi, yang menggunakan dua kelas sebagai kelompok sampel yaitu memiliki jumlah siswa sebanyak 40. Kemudian teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes berupa pre-test dan post-test. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t pre-test dan post-test untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah uji normalitas yang berdistribusi normal dan uji homogenitas yang mendapatkan hasil homogen. Selanjutnya dilakukan uji independent sampel t-tes kemudian mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0.022 < 0.05. sesuai dengan pengambilan keputusan Sig. (2-tailed) < 0.05 maka dapat diambil kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMP Negeri 5 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TGT (Teams Games Tournament), Hasil Belajar, PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: Mustamiroh
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:37
Last Modified: 15 Jan 2024 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60402

Actions (login required)

View Item View Item