Pengaruh model Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal pada materi klasifikasi makhluk hidup terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa MAN 3 Muaro Jambi

Nirmala, Nirmala and Zurweni, Zurweni and Hamidah, Afreni and Anggereini, Evita and Yelianti, Upik (2024) Pengaruh model Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal pada materi klasifikasi makhluk hidup terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa MAN 3 Muaro Jambi. Integrated science education jurnal, 5 (1). p. 801. ISSN 2716-3725

[img] Text
tesis_Hal_1-2.pdf

Download (520kB)
[img] Text
Tesis_Nirmala_CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
hal_persetujuan&pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (759kB)
[img] Text
tesis_Bab 1.pdf

Download (736kB)
[img] Text
tesis_Bab V.pdf

Download (644kB)
[img] Text
tesis_Daftar Pustaka.pdf

Download (583kB)
Official URL: https://cahaya_ic.com/index.php/ISEJ

Abstract

ABSTRAK Nirmala, 2024. Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MAN 3 Muaro Jambi. Tesis Program Magister IPA Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Zurweni, M.Si., Pembimbing (II) Dr. Afreni Hamidah, S.Pt., M.Si. Pendidikan memiliki peranan penting dalam perkembangan suatu bangsa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan merupakan langkah awal untuk bersaing di abad 21. Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang ideal untuk mencapai tujuan pendidikan abad 21, karena mencakup prinsip berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal dalam model pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa khususnya dalam materi klasifikasi makhluk hidup, siswa tidak aktif dalam pembelajaran di kelas dan siswa tidak bisa menghubungkan suatu konsep pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh penggunaan model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MAN 3 Muaro Jambi. Metode penelitian Quasi Eksperiment dengan pengambilan data berupa random Sampling yang terdiri dari tiga kelas, kelas X1 sebagai kelas kontrol (P0) menggunakan model pembelajaran PBL, kelas X2 sebagai kelas eksperimen 1 (P1) menggunakan model PjBL berbasis kearifan lokal dan kelas X3 sebagai kelas eksperimen 2 (P2) menggunakan model PjBL biasa dengan jumlah peserta didik untuk P0 dan P2 masing-masing adalah 30 siswa serta P2 berjumlah 31 siswa. Penilaian kognitif melalui tes essai berdasarkan aspek kemampuan berpikir kreatif siswa P0 memiliki nilai rata-rata 68,89, P1 memiliki nilai rata-rata 80,28 sedangkan pada P2 memiliki nilai rata-rata 78,33. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dengan menggunakan uji ANOVA. Analisis terhadap rata-rata hasil posttest yang dilakukan menghasilkan nilai signifikansi 0,000. Karena nilai signifikansi < 0,05, maka H0 ditolak. Rata-rata posttest ketiga kelas tersebut memang berbeda dan berdasarkan uji lanjutan yaitu uji Tukey didapatkan kelompok kelas yang berbeda adalah P0 dengan P1, P0 dengan P2 sedangkan antara P1 dan P2 tidak terdapat perbedaan. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MAN 3 Muaro Jambi. Kata Kunci: Model project based learning, kearifan lokal, dan kemampuan berpikir kreatif

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: NIRMALA
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:51
Last Modified: 13 Jun 2024 13:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60404

Actions (login required)

View Item View Item