PERAN BISNIS AGEN DALAM IMPLEMENTASI BRANCHLESS BANKING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN

Hadianto, Mukti and Haryadi, Haryadi and yacob, syahmardi and Setiawati, Rike (2023) PERAN BISNIS AGEN DALAM IMPLEMENTASI BRANCHLESS BANKING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN. S3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text (Disertasi Akhir)
Disertasi Final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Halaman Judul)
Hal Judul.pdf

Download (204kB)
[img] Text (Pengesahan dan Persetujuan)
Persetujuan Akhir Sidang Promosi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf

Download (243kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manfaat konsumen, edukasi, dan kepercayaan agen sebagai mitra bank terhadap kinerja pemasaran pada implementasi agen layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif yang merupakan salah satu inovasi perbankan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengumpulan sum�ber data primer. Sampel penelitian ini adalah 279 agen bank di Jambi, Indonesia. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi dengan teknik Wrap (PLS).7 - SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manfaat, edukasi, dan kepercayaan ber�pengaruh positif signifikan terhadap peningkatan kinerja pemasaran perbankan. Dengan kata lain, semakin tinggi penggunaan agen pada perbankan maka semakin tinggi pula kinerja pemasaran perbankan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada perbankan yang membahas tentang branchless banking berbasis manfaat, edukasi, dan kepercayaan. Studi selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain selain kinerja pemasaran yang dapat mempengaruhi kinerja pemasaran. Selain itu, disarankan juga untuk menganalisis pengaruhnya terhadap kinerja agen baik secara langsung maupun melalui keterlibatan kerja mereka ke bank. Bagi dunia perbankan, secara praktis sinergi antara agen dan bank pengelola agen layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif direkomendasikan untuk secara berkala menganalisis manfaat, edukasi, dan kepercayaan para agen dalam upaya meningkatkan kinerja pemasaran perbankan. Kata Kunci: manfaat, edukasi, kepercayaan, kinerja pemasaran, bank di indonesia. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manfaat konsumen, edukasi, dan kepercayaan agen sebagai mitra bank terhadap kinerja pemasaran pada implementasi agen layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif yang merupakan salah satu inovasi perbankan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengumpulan sum�ber data primer. Sampel penelitian ini adalah 279 agen bank di Jambi, Indonesia. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi dengan teknik Wrap (PLS).7 - SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manfaat, edukasi, dan kepercayaan ber�pengaruh positif signifikan terhadap peningkatan kinerja pemasaran perbankan. Dengan kata lain, semakin tinggi penggunaan agen pada perbankan maka semakin tinggi pula kinerja pemasaran perbankan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada perbankan yang membahas tentang branchless banking berbasis manfaat, edukasi, dan kepercayaan. Studi selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain selain kinerja pemasaran yang dapat mempengaruhi kinerja pemasaran. Selain itu, disarankan juga untuk menganalisis pengaruhnya terhadap kinerja agen baik secara langsung maupun melalui keterlibatan kerja mereka ke bank. Bagi dunia perbankan, secara praktis sinergi antara agen dan bank pengelola agen layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif direkomendasikan untuk secara berkala menganalisis manfaat, edukasi, dan kepercayaan para agen dalam upaya meningkatkan kinerja pemasaran perbankan. Kata Kunci: manfaat, edukasi, kepercayaan, kinerja pemasaran, bank di indonesia..

Type: Thesis (S3)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: HADIANTO
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:56
Last Modified: 15 Jan 2024 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60417

Actions (login required)

View Item View Item