Hubungan Konsep Diri dengan Empati Sosial Siswa Kelas VIII SMP N 18 Kota Jambi

HARLY, DHIZA DIAN Hubungan Konsep Diri dengan Empati Sosial Siswa Kelas VIII SMP N 18 Kota Jambi. Konsep Diri dengan Empati Sosial Siswa.

[img] Text
COVER.pdf

Download (11kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (199kB)

Abstract

ABSTRAK Dhiza Dian Harly, 2018. “Hubungan Konsep Diri dengan Empati Sosial Siswa Kelas VIII SMP N 18 Kota Jambi”. Pembimbing I : Dr. Akmal Sutja, M.Pd Pembimbing II : Drs. Rasimin, M.Pd Kata Kunci : Empati Sosial, Konsep Diri Empati sosial merupakan aktivitas dimana seseorang dapat memahami apa yang sedang dipikirkan dan dirasakan orang lain dengan memposisikan diri sebagai orang tersebut. Kemampuan empati sosial tersebut akan mengarah kepada kepedulian, mementingkan orang lain, belas kasih atau merasa iba, toleransi dan menerima perbedaan. Semakin tinggi sikap empati sosial yang dimiliki oleh seorang remaja diasumsikan memiliki hubungan dengan konsep diri yang dibentuknya. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan empati sosial siswa kelas VIII SMP N 18 Kota Jambi (2) mendeskripsikan konsep diri siswa kelas VIII SMP N 18 Kota Jambi dan (3) mendeskripsikan hubungan konsep diri dengan empati sosial siswa kelas VIII SMP N 18 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif korelasional, dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi, dengan jumlah sampel sebanyak 73 orang, yang dipilih dengan teknik simple random sampling dan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan model skala Likert. Tujuan Penelitian pertama, kedua dianalisis dengan teknik persentase, tujuan penelitian ketiga dianalisis dengan teknik analisis Pearson Product Moment. Temuan penelitian ini: (1) Secara rata-rata keseluruhan empati sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 70,12%, dan rata-rata keseluruhan konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 69,88%, (2) berdasarkan tabel corelations menunjukkan hubungan hubungan konsep diri dengan empati sosial sangat kuat yaitu 0,883 dengan signifikan 0,000, (3) Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi konsep diri yang dimiliki siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi, maka semakin tinggi empati sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi, begitu juga sebaliknya semakin rendah konsep diri yang dimiliki siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi, maka semakin rendah pula empati sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi saran kepada pihak sekolah khususnya guru pembimbing bisa memberikan layanan bimbingan dan konseling sesuai dengan teknik-teknik yang dikuasai kepada siswa mengenai konsep diri dan empati sosial.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: DHIZA DIAN HARLY
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:05
Last Modified: 22 Nov 2018 02:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6051

Actions (login required)

View Item View Item