Handayani, Gusti Lestari and Rusdi, muhammad and Elrifda, Solha and Haryanto, Haryanto (2023) PENGEMBANGAN MODEL EDUKASI STIMULASI UNTUK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BALITA. S3 thesis, Pendidikan MIPA.
![]() |
Text
COVER-DISERTASI GUSTI.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PENGUJI GUSTI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DISERTASI GUSTI LENGKAP-OK.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PROMOTOR DAN CO- GUSTI.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK-DISERTASI GUSTI.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I-DISERTASI GUSTI.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB V-OK DISERTASI GUSTI.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA-DISERTASI GUSTI.pdf Download (206kB) |
Abstract
Keterlambatan tumbuh kembang pada anak masih menjadi masalah serius di negara maju maupun negara berkembang di dunia dan memiliki dampak dikemudian hari seperti mengalami masalah perkembangan kognitif, skor IQ lebih rendah dan lebih banyak kesalahan dalam menyalin dan mengingat tugas, IQ dan kecemasan, masalah dalam kecerdasan emosional, serta penundaan lainnya. Saat ini belum ada pengembangan model edukasi stimulasi untuk pertumbuhan dan perkembangan balita. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain dan pengembangan (Research and development) dengan pendekatan mixed methods. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun model edukasi sebagai media edukasi dan komunikasi untuk peningkatan pengetahuan tentang pertumbuhan dan perkembangan balita serta stimulasinya. Proses mendesain dan mengembangkan produk dilakukan dengan menggunakan kerangka A-D-DI-E yaitu Analysis, Design, Develop, Implementation and Evaluation. Pada tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan, kontekstual dan literatur yang berkaitan dengan stimulasi pertumbuhan dan perkembangan. Story board dihasilkan pada tahap rancang bangun, Ada 9 (sembilan) konstruk teori dari teori Health Bilief Model (HBM) dan SCT (Social Cognitive Theory) yang mendasari penelitian yaitu sebagai berikut: 1) Persepsi kerentanan, 2) Persepsi keparahan, 3) Manfaat yang dirasakan, 4) Hambatan, 5) Isyarat untuk bertindak, 6) Efikasi diri, 7) Pengetahuan, 8) Penetapan tujuan 9) Koping Emosional yang mendukung proses pengembangan. Pada tahap pengembangan aktifitas yang dilakukan adalah validasi ahli: materi, Media/IT dan praktisi, melalui Teknik delphi dinyatakan model pengembangan layak untuk digunakan. Ujicoba satu-satu, kelompok kecil dan lapangan merupakan pelaksanaan tahap implementasi dan evaluasi, hasil ujicoba memperlihatkan model edukasi stimulasi pertumbuhan dan perkembangan balita dapat digunakan dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengguna. Hasil pengembangan model edukasi stimulasi pertumbuhan dan perkembangan balita berupa aplikasi Si-Gusti (Growth Up Stimulation) yang dapat digunakan dan dapat meningkatkan pengetahuan pengguna tentang stimulasi pertumbuhan dan perkembangan balita. Rekomendasi penggunaan oleh keluarga balita, kader posyandu serta petugas Kesehatan dalam memantau status pertumbuhan Kesehatan balita, memberikan stimulasi serta sebagai media edukasi dan komunikasi. Kata kunci: Pengembangan Model, Edukasi, Stimulasi, pertumbuhan dan Perkembangan
Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | HANDAYANI |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 04:25 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 07:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60556 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |