Cahyaningsih, Dyah (2023) Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Karet Rakyat Kecamatan Batin XXIV Kabupaten Batanghari. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
Text
COVER.pdf Download (62kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (114kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (121kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (111kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (52kB) |
|
Text
SKRIPSI_DYAH CAHYANINGSIH_D1B017059.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (283kB) |
Abstract
DYAH CAHYANINGSIH. Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Karet Rakyat Kecamatan Batin XXIV Kabupaten Batanghari. Dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Dompak MT Napitupulu, M.Sc selaku Dosen Pembimbing I serta Pembimbing Akademik dan Dr. Rozaina Ningsih, S.P., M.Si selaku Dosen Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pemasaran karet rakyat, saluran pemasaran karet, margin pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan terhadap biaya, efisiensi teknis dan efisiensi ekonomis. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Batin XXIV Kabupaten Batanghari pada bulan Desember 2022 – Januari 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang petani. Penarikan sampel petani menggunakan metode acak sederhana (Simple Random Sampling. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif melalui margin pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan terhadap biaya, efisiensi teknis dan efisiensi ekonomis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 4 saluran pemasaran di Kecamatan Batin XXIV. Saluran pemasaran I didapat margin pemasaran sebesar Rp.1.170/Kg, farmer’s share sebesar 89,73%, nilai indeks T sebesar 5,29 dan nilai indeks E sebesar 1,01. Saluran pemasaran II didapat margin pemasaran sebesar Rp.4.393/Kg, farmer’s share sebesar 65,07%, nilai indeks T sebesar 3,72 dan nilai indeks E sebesar 5,27. Saluran pemasaran III didapat margin pemasaran sebesar Rp.4.205/Kg, farmer’s share sebesar 67,43%, nilai indeks T sebesar 6,38 dan nilai indeks E sebesar 2,64. Saluran pemasaran IV didapat margin pemasaran sebesar Rp.2.772/Kg, farmer’s share sebesar 75,46%, nilai indeks T sebesar 2,82 dan nilai indeks E sebesar 5,84. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa saluran pemasaran I adalah yang paling efisien. Kata kunci : Karet, Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Karet, Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | CAHYANINGSIH |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 04:38 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 07:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60577 |
Actions (login required)
View Item |