STRATEGI PEMERINTAH KOTA JAMBI DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK HOTEL DAN PAJAK RESTORAN

Zamzami, Zamzami and Achmad, Erni and Ramadhansyah, Uvis and Hariatia, Hariatia (2023) STRATEGI PEMERINTAH KOTA JAMBI DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK HOTEL DAN PAJAK RESTORAN. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 12 (4). pp. 921-935. ISSN P-ISSN: 2252-8636, E-ISSN: 2685-9424

[img] Text
29559-Article Text-87471-1-10-20231203.pdf

Download (231kB)
Official URL: https://online-journal.unja.ac.id/mankeu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis; (1) perkembangan PDRB, tingkat inflasi, jumlah wajib pajak, jumlah wisatawan, serta penerimaan pajak hotel dan pajak restoran, (2) pengaruh PDRB, tingkat inflasi, jumlah wajib pajak, dan jumlah wisatawan terhadap penerimaan pajak hotel dan pajak restoran di Kota Jambi periode 2001-2021, dan (3) strategi pemerintah Kota Jambi dalam meningkatkan penerimaan pajak hotel dan pajak restoran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dimana yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah BPPRD dan BPS Kota Jambi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil pendataan PDRB, tingkat inflasi, jumlah wajib pajak, jumlah wisatawan, serta penerimaan pajak hotel dan pajak restoran selama kurun waktu 2001- 2021 menunjukkan perkembangan yang berfluktuasi. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penerimaan pajak hotel dan restoran di Kota Jambi selama periode 2017-2021 meliputi; Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), jumlah wajib pajak, dan jumlah wisatawan. Berdasarkan hasil analisis faktor strategis internal dan hasil analisis faktor strategis eksternal didapatkan bahwa model strategi yang paling tepat utuk diterapkan dalam meningkatkan penerimaan pajak hotel dan restoran yaitu strategi Kekuatan-Peluang (SO), yang mencakup; (1) mengoptimalkan program intensifikasi dan ekstensifikasi pemungutan pajak hotel dan restoran, (2) melakukan pendataan wajib pajak hotel dan restoran secara efektif, (3) bekerjasama dengan seluruh stakeholder dalam rangka memajukan kepariwisataan sekaligus meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke kota jambi, (4) mengintensifkan pelaksanaan penyuluhan tentang pajak hotel dan restoran kepada seluruh wajib pajak, (5) memanfaatkan kebijakan otonomi daerah yang seluasluasnya dengan menggunakan sumber daya manusia yang memadai dan potensi wisata daerah, (6) pemanfaatan jaringan sistem informasi pelayanan pajak secara maksimal, dan (7) meningkatkan kerjasama dengan dunia usaha dan masyarakat dengan menyiapkan segala fasilitas hotel dan restoran yang lebih menarik. Berdasarkan hasil temuan ini disarankan pemerintah daerah agar memanfaatkan insentif finansial yang diberikan oleh pemerintah untuk memudahkan bisnis hotel dan restoran serta membantu mereka meningkatkan layanan yang mereka berikan agar dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke hotel dan restoran yang ada di Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Zamzami
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:00
Last Modified: 16 Jan 2024 07:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60581

Actions (login required)

View Item View Item