DAMPAK PEMILIHAN DAN ORGANISASI TEXTS ON-SCREEN, VIDEO DAN NARASI UNTUK MENGURANGI BEBAN KOGNITIF SISWA TERHADAP PERFORMANCE LOW ACHIEVEMENT STUDENTS PADA PEMBELAJARAN IPA SMP

Syafitri, Viola Amelia and Muhammad, Damris and Asrial, Asrial (2024) DAMPAK PEMILIHAN DAN ORGANISASI TEXTS ON-SCREEN, VIDEO DAN NARASI UNTUK MENGURANGI BEBAN KOGNITIF SISWA TERHADAP PERFORMANCE LOW ACHIEVEMENT STUDENTS PADA PEMBELAJARAN IPA SMP. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
tesis full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
cover tesis.pdf

Download (27kB)
[img] Text
persetujuan dan pengesahan tesis.pdf

Download (653kB)
[img] Text
abstrak tesis.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I tesis.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB V tesis.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA tesis.pdf

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemilihan dan organisasi teks, gambar/video dan narasi pada multimedia pembelajaran PowerPoint terhadap performance low achievement students Pada Pembelajaran IPA SMP. Selain itu, peneliti juga menyelidiki tanggapan guru dan siswa terhadap multimedia yang dirancang dengan prinsip Mayer, diterapkan dalam pembelajaran IPA. Metodologi yang digunakan dalam penelitian yaitu kuasi-eksperimental dengan desain pretest-posttest, penelitian ini menggunakan tes retensi dan aplikasi, wawancara guru, dan angket respon guru dan siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan yaitu: Analisis, Re-design, Implementasi. Prinsip desain multimedia diterapkan menggunakan PowerPoint, dan analisis data melibatkan uji-t dan uji Anova, untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa. Sebelum melakukan uji-t dan uji Anova maka diperlukan uji normalitas dan homogenitas terlebih dahulu. Berdasarkan hasil uji Independen t-tes yang dilakukan pada kelompok pre-test kelima sekolah, tidak terdapat perbedaan student performance antara kelas eksperimen (PPT re-design) dan kontrol (PPT Original). Berdasarkan hasil uji Independen t-tes yang dilakukan pada kelompok post-test kelima sekolah, pada kelompok eksperimen dan kontrol terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai post-test mengindikasikan bahwa hasil PPT re-design mempunyai dampak yang positif tehadap performa siswa, yakni menunjukkan terdapat perbedaan student performance antara kelas eksperimen (PPT re-design) dan kontrol (PPT Original) pada kelompok post-test. Berdasarkan hasil uji Anova yang dilakukan pada lima sekolah yang ada di Kabupaten Kerinci, pada kelas eksperimen dan kontrol didapatkan nilai p-value atau tingkat signifikansi. Dalam konteks ini, nilai sangat kecil (,000), yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok-kelompok tersebut signifikan secara statistik. Terdapat dua kelompok (Between Groups) yang diuji, dan perbedaan antara kelompok-kelompok tersebut adalah signifikan secara statistik (Sig. = 0,000). F-ratio sebesar 69,625 menunjukkan bahwa variasi antara kelompok lebih besar. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam variabel kelompok antara dua kelompok yang diuji, hasil ini menunjukkan bahwa hasil PPT re-design, yakni menunjukkan bahwa hasil PPT re-design mempunyai dampak yang positif tehadap performa siswa, yakni menunjukkan ada perbedaan student performance antara kelas eksperimen (PPT re-design) dan kontrol (PPT Original) pada kelompok post-test. Berdasarkan hasil uji Anova yang dilakukan pada lima sekolah yang ada di kabupaten kerinci, pada kelas eksperimen didapatkan nilai nilai p-value atau tingkat signifikansi. Dalam konteks ini, nilai signifikansi (Sig. = 0,068). F-ratio sebesar 2,255 menunjukkan bahwa variasi antara kelompoknya kecil. Hasil ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam variabel kelompok antara dua kelompok yang diuji. Hal ini Hasil ini mengindikasikan bahwa hasil PPT re-design mempunyai dampak yang positif tehadap performa siswa, yakni menunjukkan tidak terdapat perbedaan student performance antara kelas eksperimen (PPT re-design) pada kelompok post-test. Tanggapan guru dan siswa yang didapatkan yaitu baik dan sangat baik terhadap penggunaan multimedia yang didesain dengan kombinasi teks, gambar/video dan narasi yang menerapkan prinsip design multimedia Mayer dalam pembelajaran IPA SMP di kelas. Kata Kunci: Low ahievement student, narasi, performance,Teks On-Screen, video.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Viola Amelia Syafitri
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:52
Last Modified: 13 Jun 2024 13:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60610

Actions (login required)

View Item View Item