PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI

SUSANTI, ITA PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (234kB)
[img] Text
PENGESAHAN.docx

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Susanti, Ita. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Pemahaman Konsep Materi pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt. BA., M.Si (II) Dra. Refnida., ME Kata Kunci : Media Pembelajaran powtoon, Pemahaman konsep materi. Dalam proses pembelajaran di sekolah yang diharapkan bahwa pembelajaran yang disampaikan oleh guru dapat dipahami dan dimengerti oleh siswa. Namun, pada kenyataan masih banyak penggunaan metode-metode yang monoton. seperti halnya hasil penelitian awal diperoleh keterangan pada salah satu mata pelajaran ekonomi yang mana nilai yang diperoleh siswa masih tergolong rendah yaitu dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) sedangkan untuk mata pelajaran ekonomi adalah 70. Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Pemahaman Konsep Materi pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen, jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi exsperimental) Adapun bentuk desain quasi experiment yang digunakan, yaitu nonequivalent control-Group Design. Dengan menggunakan dua kelas yang terdiri dari kelas X IPS 2 menggunakan media pembelajaran powtoon dan kelas X IPS 3 menggunakan Pembelajaran Konvensional. Hasil penelitian menunjukan bahwa Berdasarkan hasil tes dari soal posttest untuk mengetahui sejauh mana pemahaman materi siswa yang dilakukan dan diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen dengan mean (rata-rata) 82,67, simpangan baku (S) adalah 8,42, sedangkan untuk data posttest kelas kontrol dengan mean (rata-rata) 76,4, simpangan baku (S) 11,33. Hasil ini diperkuat dengan hasil analisis uji-t diperoleh nilai thitung = 2,431 dan ttabel = 2,000. Karena thitung>ttabel atau (2,431 > 2,000) berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan antara pretest dengan posttest kelompok yang menggunakan media pembelajaran powtoon pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh pemahaman konsep materi yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran Powtoon dibandingkan dengan pemahaman materi yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional kelas X IPS di SMA Negeri 7 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ITA SUSANTI
Date Deposited: 23 Nov 2018 01:30
Last Modified: 23 Nov 2018 01:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6068

Actions (login required)

View Item View Item