Haliza, Finta (2024) Penerapan Media YouTube Dalam pembelajaran Menganalisis Berita Palsu Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Jambi Tahun 2023/2024. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL FINTA HALIZA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Persetujuan Pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I (2).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Finta Haliza. 2023. Penerapan Media YouTube Dalam Pembelajaran Menganalisis Berita Palsu Kelas VII SMP N 10 Kota Jambi Tahun 2023/2024: Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dra. Rasdawita, M.M., Pembimbing (II) Rahmawati, M.Pd. Pendidikan di Indonesia sedang menghadapi masalah kualitas pendidikan, terutama setelah adanya pandemi COVID-19. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia sangat memprihatinkan. Oleh karena itu, banyak anggapan bahwa Indonesia sedang mengalami krisis pembelajaran. Kualitas pendidikan yang rendah ini menunjukkan perlunya inovasi dalam proses belajar mengajar. Dalam konteks ini, media pembelajaran seperti YouTube menjadi pilihan yang tepat. Media ini tidak hanya dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, tetapi juga membantu mengembangkan keterampilan kognitif dan psikomotorik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media YouTube dalam pembelajaran menganalisis berita palsu kelas VII SMP Negeri 10 Kota Jambi Tahun 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data dengan teknik observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Objek dalam penelitian ini adalah hasil analisis berita peserta didik kelas VII G SMP Negeri 10 Kota Jambi. Sementara itu, subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII G SMP Negeri 10 Kota Jambi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, seleksi data, dan interpretasi data serta validitas data diuji melalui member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media YouTube dalam pembelajaran menganalisis berita palsu pada peserta didik kelas VII G SMP Negeri 10 Kota Jambi berhasil. Dengan pendekatan ini, peserta didik dapat dengan jelas memahami perbedaan antara berita palsu dan faktual melalui visualisasi contoh yang disajikan. Pendekatan pembelajaran ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih interaktif, tetapi juga efektif dalam mengembangkan keterampilan analisis peserta didik terhadap berita palsu. Meskipun terdapat beberapa peserta yang menghadapi kesulitan, hasil positif secara keseluruhan menegaskan bahwa media YouTube dapat menjadi alat yang efisien dalam membantu peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis berita palsu, khususnya melalui kelebihan media audio visual yang memberikan contoh nyata berupa video berita.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | youtube; berita palsu |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | HALIZA |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 04:18 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 06:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |