PEMASARAN HASIL TANGKAPAN UTAMA JARING INSANG DASAR (Studi Kasus) DI DESA LUBUK RUSO KECAMATAN PEMAYUNG

Ardaniah, Ardaniah PEMASARAN HASIL TANGKAPAN UTAMA JARING INSANG DASAR (Studi Kasus) DI DESA LUBUK RUSO KECAMATAN PEMAYUNG. Jurnal Mimbar Agribisnis.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (188kB)
[img] Text
lembar-pengesahan.pdf

Download (114kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (250kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)

Abstract

Desa Lubuk Ruso berada ditepian aliran sungai Batanghari yang umumnya dimanfaatkan masyarakat yang berprofesi sebagian besar menjadi nelayan dan petani sawit. Kegiatan pemasaran memiliki peran menghubungkan produsen dengan konsumen. Dengan demikian, pemasaran yang efisien mutlak dibutuhkan untuk menciptakan harga rendah. Nelayan di Desa Lubuk Ruso melibatkan beberapa lembaga pemasaran agar dapat menyalurkan produk dengan cepat dan tepat. Akan tetapi, nelayan disana umumnya tidak menetapkan harga jual ikan hasil tangkapan dalam proses pemasaran yang terjadi. Sehingga nelayan tidak mengetahui besaran biaya yang diterimanya menghasilkan lebih banyak keuntungan atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kondisi saluran pemasaran serta menganalisa besaran margin pemasaran ditiap-tiap lembaga saluran pemasaran hasil tangkapan utama di Desa Lubuk Ruso, Kecamatan Pemayung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey. Data yang dihimpun dalam penelitian ini adalah harga jual dan harga beli ikan ditiap-tiap lembaga pemasaran dan jumlah hasil tangkapan ikan berdasarkan berat. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi margin pemasaran, fisherman’s share dan komposisi hasil tangkapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran di Desa Lubuk Ruso Kecamatan Pemayung yaitu saluran pemasaran I Nelayan dan Konsumen Tingkat Akhir, saluran pemasaran II Nelayan - Pedagang Pengepul- Konsumen, sedangkan saluran pemasaran III Nelayan - Pedagang Pengepul – 5 Pedagang Pengecer –Konsumen. Adapun target pasar yang dituju oleh pedagang pengepul yakni, Bajubang, Pasar Sei. Baung, Pasar Bujang Kasim Arah Teratai dan Pasar Rasau sedangkan pada pedagang pengecer hanya terdapat di Pasar Desa Lubuk Ruso. Total margin pada saluran-1 adalah Rp.0 pada saluran ke-2 sebesar Rp.3000,- dan saluran pemasaran ke-3 sebesar Rp. 25.000,-. Adapun fisherman’s share pada saluran pemasaran 1 sebesar 100%, saluran pemasaran ke-2 sebesar 83% serta saluran pemasaran yang ketiga sebesar 66%.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LC Special aspects of education
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Peternakan > Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan
Depositing User: ARDANIAH
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:18
Last Modified: 17 Jan 2024 04:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60688

Actions (login required)

View Item View Item