“Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pola Pembinaan Santri Kelas XI A (Putra) MA Al-Jauharen di Pondok Pesantren Al-Jauharen Kel. Tanjung Johor Kec. Pelayangan Kota Jambi”

H, Pahmi (2024) “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pola Pembinaan Santri Kelas XI A (Putra) MA Al-Jauharen di Pondok Pesantren Al-Jauharen Kel. Tanjung Johor Kec. Pelayangan Kota Jambi”. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (293kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pahmi, H. 2023. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pola Pembinaan Santri Kelas IX A (Putra) MA Al-Jauharen di Pondok Pesantren Al-Jauharen Kel. Tanjung Johor Kec. Pelayangan Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Prof. Dr. Drs. Ekawarna, M.Psi (2) Siti Tiara Maulia, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Implementasi, Nilai-Nilai Pancasila, Pola Pembinaan, Pondok Pesantren. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Pondok Pesantren harus diamalkan dengan baik dan dibina dengan optimal. Tujuan dari Implementasi Nilai-Nilai Pancasila adalah untuk menjadikan santri menjadi ideologis, nasionalis, dan agamis. Agar terhindar dari perilaku menyimpang. Hal ini juga membantu santri menjadi lebih baik, mandiri, lebih bertanggung jawab dan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Pengurus maupun Pembina pondok pesantren mempunyai pengaruh besar dalam menentukan seberapa baik santri didalam mengamalkan nilai-nilai pancasila. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai pancasila dan apa saja kendala dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam pola pembinaan di pondok pesantren Al-Jauharen Kota Jambi. Informan penelitian ini adalah 6 orang diantaranya 1 (satu) orang guru PPKn, 1 (satu) orang guru wali kelas, 1 (satu) orang guru BK, dan 3 (tiga) orang santri kelas IX A (putra) MA Al-Jauharen dipondok pesantren Al-Jauaharen Kota Jambi. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian data deskriptif kualitatif. Informasi diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bisa disimpulkan bahwa Implementasi nilai-nilai pancasila dalam pola pembinaan santri kelas XI A Putra di Pondok pesantren Pondok Pesantren Al-Jauharen sudah dilaksanakan dan diimplementasikan secara baik dan menyeluruh baik itu melalui pembinaan pendidikan formal maupun pembinaan pendidikan nonformal. Kendala Pembina dalam mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dalam pola pembinaan santri kelas XI A Putra di Pondok pesantren Pondok Pesantren Al-Jauharen yakni karena faktor lingkungan atau masyarakat yang kurang memadai, faktor karakter santri yang berbeda-beda membuat Pembina sulit membentuk sikap santri yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila, dan kurangnya pemahaman santri terhadap nilai-nilai pancasila itu sendiri

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi, Nilai-Nilai Pancasila, Pola Pembinaan, Pondok Pesantren.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: H
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:16
Last Modified: 19 Jan 2024 03:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60708

Actions (login required)

View Item View Item