Anggiarti, Yosvina (2023) Uji Validitas Isi Modul Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Pada Anak Usia Dini Kelompok B1 di TK IT An-Nahl Percikan Iman Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
abstrack.pdf Download (91kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (184kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (34kB) |
|
Text
cover.pdf Download (55kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (471kB) |
|
Text
skripsi full.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
UJI VALIDITAS ISI MODUL MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEWARNAI PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B1 DI TK IT AN-NAHL PERCIKAN IMAN JAMBI Yosvina Anggiarti Email: Yosvinanggiarti@gmail.com ABSTRAK LATAR BELAKANG Masih terdapat anak kelompok B1 TK IT An-Nahl Percikan Iman Jambi yang memiliki kemampuan motorik halus yang belum berkembang, sehingga perlu distimulasi sejak dini karena memiliki pengaruh yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan anak di masa depan, Hal ini yang melatar belakangi penyusunan modul meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai pada anak usia dini kelompok B1 di TK IT An-Nahl Percikan Iman Jambi. TUJUAN Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas isi modul meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai pada anak usia dini Kelompok B1 TK IT An-Nahl Percikan Iman Jambi. METODE Penelitian ini menggunakan studi deskriptif kuantitatif dengan dengan model 3D, Tahap define dikaji berdasarkan kondisi metode pembelajaran yang digunakan dan kepercayaan diri anak kelompok B1 TK IT An-Nahl Percikan Iman Jambi. Tahap design merancang kerangka modul serta penyusunan alat ukur kepercayaan diri. Tahap develop validasi oleh 3 validator yang dengan latar belakang yang berbeda. Analisa data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. HASIL Penelitian ini menunjukan hasil validasi isi modul yang dinilai oleh validator yaitu memiliki skor V berada pada angka 0.83. Hal ini menunjukkan bahwa modul meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai memiliki isi yang baik dengan rentang skor diatas 0,50 dan membuktikan bahwa modul meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai ini valid untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Validator memberikan saran perbaikan untuk memperbaiki modul dan modul diperbaiki dengan saran dari para validator. KESIMPULAN DAN SARAN Modul Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai pada anak usia dini Kelompok B1 TK IT An-Nahl Percikan Iman Jambi telah disusun melalui model 3-D, telah memiliki kelayakan, dari validitas isi. Diharapkan modul ini dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini Kelompok B1 TK IT An-Nahl Percikan Iman Jambi. Kata Kunci : Uji Validitas isi, modul, kemampuan motorik halus, anak usia dini. CONTENT VALIDITY TESTING OF THE IMPROVING FINE MOTOR SKILLS MODULE THROUGH COLORING ACTIVITIES IN EARLY AGE CHILDREN IN GROUP B1 AT AN-NAHL TK IT AN-NAHL PERCKAN IMAN JAMBI ABSTRACT BACKGROUND There are still children in group B1 of TK IT An-Nahl Percikan Iman Jambi who have undeveloped fine motor skills, so they need to be stimulated from an early age because they have a significant influence on various aspects of children's lives in the future. This foregrounded the construction of the improving fine motor skills module through coloring activities in early childhood group B1 at TK IT An-Nahl Percikan Iman Jambi. PURPOSE This research aimed to test content validity of the module to improve fine motor skills through coloring activities in early childhood Group B1 TK IT An-Nahl Percikan Iman Jambi. METHOD This research used a quantitative descriptive study using a 3D model. The define stage was studied based on the conditions of the learning method used and the self-confidence of children in group B1 of TK IT An-Nahl Percikan Iman Jambi. The design stage was designing the module framework and preparing self-confidence measuring instruments. Develop stage required validation from 3 validators with different backgrounds. The data analysis used was descriptive analysis. RESULTS This research indicated the results content validity of the module assessed by the validator, or namely V scored 0.83. This suggested that the module for improving fine motor skills through coloring activities has good content with a score range above 0.50 and proves that the module for improving fine motor skills through coloring activities is valid to be used as learning material. Validators provided suggestions for improvements to advance the module and the module was improved with suggestions from the validators. CONCLUSIONS AND RECOMMENDATIONS The module to improve fine motor skills through coloring activities in early childhood Group B1 TK IT An-Nahl Percikan Iman Jambi has been prepared using a 3-D model and has feasible content validity. It is hoped that this module can be applied to improve the fine motor skills of early age children in Group B1 of TK IT An-Nahl Percikan Iman Jambi. Keywords: Content validity test, module, fine motor skills, early childhood.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Uji Validitas isi, modul, kemampuan motorik halus, anak usia dini. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | ANGGIARTI |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 07:11 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 03:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60761 |
Actions (login required)
View Item |