PENGARUH SELF EFFICCAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP N 9 KOTA JAMBI

MARTINA, TRIA and SUTJA, AKMAL and Sarman, Freddi (2024) PENGARUH SELF EFFICCAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP N 9 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB( I).pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB(V).pdf

Download (189kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[img] Text
SKRIPSI_NURKHOLIFAHTRIAMARTINA_A1E118105.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (729kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Setiap siswa yang memiliki kemampuan sederhana dengan motivasi yang tinggi dalam belajar akan memberikan dampak positif bagi siswa agar ia terdorong untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. Dengan adanya motivasi, siswa akan belajar lebih rajin, ulet, tekun dan dapat konsentrasi dalam pembelajaran. Motivasi belajar diartikan sebagai keadaan psikologis yang memacu seseorang untuk melakukan tindakan dan sebagai daya penggerak untuk menimbulkan kegiatan belajar, sehingga tujuan belajar akan tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat self efficacy siswa, untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa dan untuk mengungkapkan ada atau tidaknya pengaruh self efficacy terhadap motivasi belajar siswa siswa SMP N 9 Kota jambi. Berdasarkan pra penelitian yang peneliti lakukan di SMP N 9 Kota Jambi bahwa terdapat siswa yang memiliki motivasi belajar yang masih dikatakan kurang baik pada saat pembelajaran berlangsung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP N 9 Kota jambi sebanyak 489 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan untuk mengetahui ketepatan instrument dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan persentase formula C, uji normalitas, uji linearitas serta analisis regresi sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 24. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan secara umum self efficacy berada pada klasifikasi tingkat sedang dengan persentase keseluruhan sebesar 37,63%. Sedangkan motivasi belajar berada pada klasifikasi tingkat sedang dengan persentase keseluruhan sebesar 56,98%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa berdasarkan hasil R square pada R tabel menunjukkan koefisiensi determinasi berada pada angka 0.138 atau 13,8%. Kriteria penafsiran pengaruh determinasi 0.138 atau 13,8% berada pada kategori rendah tapi pasti (0,05-0,16) maka penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel self efficacy (X) terhadap variabel motivasi belajar (Y).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: MARTINA
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:53
Last Modified: 10 Jul 2024 07:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60849

Actions (login required)

View Item View Item