Saputra, Trio and Gutji, Nelyahardi and yusra, affan (2024) Faktor Penyebab Lamban Belajar Siswa Kelas VIII A di SMPN 25 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
BAB I (3).pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
SKRIP. TRIo NEW sidang-2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
persetujuan skripsi.pdf Download (88kB) |
Abstract
Lamban belajar merupakan kondisi siswa yang mengalami keterlambatan belajar dengan karakteristik anak yang mengalami lamban belajar adalah rata-rata prestasi belajarnya selalu rendah, dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik sering terlambat dibanding teman-teman seusianya, daya tangkap terhadap pelajaran lambat, pernah tidak naik kelas, semangat belajar rendah, serta menghindari tugas akademik yang berat. Tujuan dari penelitian ini aalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor lamban belajar pada siswa kelas VIII A di SMPN 25 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang mengalami permasalahan kesulitan belajar sebanyak 1 orang, 1 orang guru BK dan 1 orang wali kelas VIII di SMPN 25 Kota Jambi. Alasan memilih klas VIII A karena di kelas ini terdapat siswa yang mengalami lamban belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik lamban belajar pada siswa kelas VIII A di SMPN 25 Kota Jambi meliputi rata-rata prestasi belajarnya selalu rendah, dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik sering terlambat, daya tangkap terhadap materi pembelajaran lambat, semangat belajar tinggi namun kemampuan memahami materi pembelajaran rendah, serta selalu menghindari tugas-tugas akademik yang berat. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi lamban belajar pada siswa kelas VIII A di SMPN 25 Kota Jambi adalah melakukan pendekatan individual, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, serta melakukan koordinasi dengan orang tua, guru mata pelajaran dan guru wali kelas. Karakteristik lamban belajar yang dialami siswa kelas VIII A di SMPN 25 Kota Jambi ini disebabkan karena siswa yang bersangkutan sewaktu masih kecil mengalami sakit yang berdampak pada kemampuan kognitif menjadi menurun. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor penyebab lamban belajar pada siswa kelas VIII A di SMPN 25 Kota Jambi adalah faktor personal yang timbul akibat siswa mengalami penyakit bawaan yang menyebabkan kemmapuan kognitif siswa menjadi menurun dan siswa mengalami lamban belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | factor slow learner student |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | SAPUTRA |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 08:08 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 08:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60857 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |