WIRA, KRISTINA PUTRI HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 KOTA JAMBI. UNIVERSITAS JAMBI. (Submitted)
![]() |
Text
ARTIKEL ILMIAH kristina.pdf Download (270kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Hubungan Anatara Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Prososial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi. Oleh : Wira, Kristina Putri NIM : A1E114033 Pembimbing I : Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd Pembimbing II : Drs. Asradi, M Kata Kunci: Perilaku Prososial, Kecerdasan Emosi Pada dasarnya siswa mampu untuk melakukan berbagai tindakan terhadap orang lain, salah satunya yaitu perilaku prososial. Perilaku prososial merupakan perilaku positif yang dapat berguna untuk mendukung perkembangan sikap sosial yang lebih baik dalam penyesuaian diri terhadap lingkungannya. Kecerdasan emosi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi berkembangnya perilaku prososial siswa.Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan perilaku prososial siswakelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi (2) mendeskripsikan kecerdasan emosi siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi dan (3) mendeskripsikan hubungan kecerdasan emosi dengan perilaku prososial siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif korelasional, dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi, dengan jumlah sampel sebanyak 73 orang, yang dipilih dengan teknik simple random sampling dan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan model skala Likert. Tujuan Penelitian pertama, kedua dianalisis dengan teknik persentase, tujuan penelitian ketiga dianalisis dengan teknik analisis Pearson Product Moment. Temuan penelitian ini: (1)Secara rata-rata keseluruhan perilaku prososial kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 66,70%, (2)Secara rata-rata keseluruhan kecerdasan emosi siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 64,67%, (3)berdasarkan tabel corelations menunjukkan hubungan hubungan perilaku prososial dengan kecerdasan emosi sangat kuat positif yaitu 0,712 dengan signifikan 0,000, (4) Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosi yang dimiliki siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi, maka semakin tinggi perilaku prososial siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi, begitu juga sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosi yang dimiliki siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi, maka semakin rendah pula perilaku prososial siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | KRISTINA PUTRI WIRA |
Date Deposited: | 27 Nov 2018 04:35 |
Last Modified: | 27 Nov 2018 04:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6089 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |