HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR, PHYSICS ACADEMIC SELF-CONCEPT DAN HASIL BELAJAR : STUDI CROSS-SECTIONAL MODEL STRUKTURAL DI SMA NEGERI KOTA JAMBI

DWI PUTRI, OKTARIA (2024) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR, PHYSICS ACADEMIC SELF-CONCEPT DAN HASIL BELAJAR : STUDI CROSS-SECTIONAL MODEL STRUKTURAL DI SMA NEGERI KOTA JAMBI. S2 thesis, MAGISTER PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM.

[img] Text
TESIS OK OKTARIA DP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER TESIS.pdf

Download (32kB)
[img] Text
halaman persetujuan pembimb.pdf

Download (127kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN (1).pdf

Download (175kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
KESIMPULAN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

Mengacu pada Kurikulum Merdeka, tujuan mata pelajaran fisika di jenjang sekolah menengah atas (SMA) adalah mengembangkan sikap ilmiah, rasa ingin tahu, dan pengalaman untuk mampu merumuskan masalah secara kreatif, mengajukan dan menguji hipotesis melalui eksperimen, mengumpulkan, memproses, dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil eksperimen secara mandiri. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi konsep diri akademik peserta didik terhadap fisika, persepsi peserta didik terhadap lingkungan belajar, dan model struktural antara konsep diri akademik, persepsi terhadap lingkungan belajar, dan hasil belajar peserta didik dalam mempelajari fisika. Desain penelitian yang digunakan adalah crosss secational survey dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di empat sekolah menengah atas negeri (SMAN) di Kota Jambi, yaitu SMAN 4 Kota Jambi, SMAN 10 Kota Jambi, SMAN 12 Kota Jambi, dan SMAN 13 Kota Jambi. Hasil analisis PLS-SEM menunjukkan enam dari tujuh dimensi psikososial lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan physics academic self-concept yang positif. Dimensi physics academic self-concept yang paling berpengaruh signifikan terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik dalam mempelajari fisika adalah physics deep learning. Dimensi teacher support berpengaruh signifikan terhadap dimensi physics deep learning dengan nilai t-statistic sebesar 4,011. Dimensi lingkungan belajar yang paling berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar adalah teacher support atau dukungan guru dengan nilai t-statistic sebesar 3,068. Dimensi yang paling berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika peserta didik adalah physics deep learning (PDL) dengan nilai t-statistic sebesar 11,887. Kesimpulan dari penelitian ini adalah lingkunagn belajar berpengaruh posisitif terhadap pembentukan physics academi self-consept dan hasil belajar sedangkan physics academic sel concept juga berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Implikasi dari penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru untuk meniitikberatkan pembelajaran fisika pada aktivitas inkuiri yang dapat mendorong peserta didik untuk mengasah keterampilan proses sains melalui kegiatan berbasis praktikum.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Depositing User: Oktaria Dwi Putri
Date Deposited: 18 Jan 2024 08:46
Last Modified: 18 Jan 2024 08:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60897

Actions (login required)

View Item View Item