safitri, sonya and rasimin, rasimin and yusra, affan (2024) PENDAMPINGAN BELAJAR OLEH ORANG TUA PADA SISWA KESULITAN MEMBACA DI SD NEGERI 65/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN PDF.pdf Download (261kB) |
Abstract
Permasalahan yang terjadi di SD Negeri 65/IV Kota Jambi yaitu kesulitan membaca yang merupakan suatu keadaan dimana siswa mengalami hambatan mempelajari komponen-komponen kata dan kalimat, serta pendampingan belajar oleh orang tua sangat membantu keberhasilan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Namun pada penelitian ini bukan merujuk pada dyslexia tetapi kesulitan membaca yang dikarenakan oleh kurangnya siswa dalam mengeja suku kata menjadi kata serta kurangnya daya ingat siswa dalam menghafal bentuk huruf dimana keduanya memang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana pendampingan belajar oleh orang tua pada siswa kesultan membaca di SD Negeri 65/IV Kota Jambi.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, teknik dalam pengambilan patisipan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sumber data yang berdasarkan kepada ciri-ciri yang dimiliki oleh subjek yang dipilih karena ciri-ciri tersebut sesuai dengan tujuan penelitian yang dilakukan. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, teknik observasi dan teknik wawancara, dan penelitian ini memiliki batasan masalah yaitu pendampingan mengarah pada menyediakan fasilitas belajar di rumah, mengawasi kegiatan belajar anak di rumah, mengawasi penggunaan waktu belajar di rumah serta mengawasi dan membantu siswa dalam mengatasi kesulitannya. Hasil dari penelitian inimenunjukkan bahwa secara umum pendampingan belajar oleh orang tua pada siswa kesulitan membaca dalam penelitian ini memang sangat rendah, kurangnya fasilitas belajar, serta tidak adanya jadwal belajar yang rutin di rumah. Hal ini disebabkan oleh orang tua bekerja, dan berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah. Berdasarkan uraian diatas, penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa pendampingan orang tua sangatlah penting bagi siswa ang mengalami kesulitan membaca, keikutsertaan orang tua dalam proses belajar siswa sangat membantu siswa untuk belajar dan mampu mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan kesiapan yang lebih baik. Dalam membantu permasalahan yang ada di sekolah tersebut, maka keberadaan guru bimbingan dan konseling sangat dibutuhkan untuk memberikan bantuan-bantuan yang diperlukan siswa dalam menghadapi proses pendidikannya melalui layanan-layanan BK yang ada seperti layanan informasi, layanan penguasaan konten serta layanan bimbingan belajar, dimana beberapa layanan tersebut dapat membantu mengatasi juga mengantisipasi kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh siswa di dalam proses pendidikannya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Membaca, Pendampingan Belajar, Orang Tua |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | NAIBAHO |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 06:34 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 06:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60921 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |