Analisis Penerapan Project Based Learning dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka

Wahyuni, Suci Afnitri and Destrinelli, Destrinelli and Wulandari, Bunga Ayu (2023) Analisis Penerapan Project Based Learning dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. JURNAL PENDIDIKAN TEMATIK DIKDAS, 8 (1). pp. 31-39. ISSN 2527-6905

[img] Text
Wahyuni, S. A_Destrinelly_Wulandari_2023.pdf

Download (367kB)
Official URL: https://doi.org/10.22437/jptd.v8i1.24889

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan project based learning dalam penguatan profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka, dan faktor pendukung maupun faktor penghambat penerapan project based learning dalam penguatan profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian berupa studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan project based learning dalam penguatan profil pelajar Pancasila pada kurikulum Merdeka di SD Negeri 131/IV Kota Jambi melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pasca pembelajaran. Penilaian dilakukan menggunakan rubrik penilaian secara kualitatif, karena fokus penelitiannya adalah proses bukan hasil akhir proyek. Adapun faktor yang mendukung berjalannya project based learning adalah dukungan dari berbagai pihak seperti kepala sekolah, guru, orangtua, siswa, dan komite sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah guru yang masih kebingungan dalam mengerjakan modul dan masih belajar. Waktu pengerjaan modul dan pelaksanaan proyek berjalan tidak sesuai rencana sehingga kegiatan pembelajaran menjadi tertunda, siswa merasa kesulitan mengerjakan proyek secara individu dan merasa lebih mudah jika dikerjakan secara berkelompok.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Wulandari
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:19
Last Modified: 24 Jan 2024 06:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60950

Actions (login required)

View Item View Item