Etik Rumiyani, Eka (2018) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Perilaku Agresif Siswa di SMA Adhyaksa 1 Jambi. Kecerdasan Emosional dan Perilaku Agresif. (Unpublished)
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (12kB) |
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (158kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (329kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (98kB) |
Abstract
Perilaku agresif merupakan salah satu bentuk sikap yang sudah menjadi permasalahan umum di sekolah seperti menyakiti orang lain. Perilaku agresif ini mempunyai karakteristik yang mengarah pada sikap yang negatif. Kemudian dalam permasalahan ini terlihat pula secara tidak langsung pengendalian emosional individu akan terhambat. Hal ini dikarenakan kecerdasan emosional merupakan bentuk dari awal perilaku agresif itu dapat dikendalikan atau tidak. Selain itu, terlihat juga siswa kurang mampu untuk menjaga perilaku agresifnya dengan siswa yang lainnya disekolah, dengan kurangnya kemampuan untuk mengontrol emosinya dan pengendaliannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku agresif siswa di SMA Adhyaksa 1 Jambi. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional, dengan pendekatan kuantitatif mengunakan analisis regresi Pearson Product Moment. Populasi adalah siswa kelas XI SMA Adhyaksa 1 Jambi dengan jumlah populasi adalah 129 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan menggunakan model skala likert. Hasil pengolahan t-test diperoleh hasil 9,155 sedangkan t-tabel pada derajat kebebasan 66 (68-2) pada tingkat pada tingkat kepercayaan 0,05 adalah sebesar 1,658 maka berarti t-hitung lebih besar dari t-tabel, penelitian kecerdasan emosional terhadap perilaku agresif sebesar 0,560. Sehingga hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku agresif dapat diterima. Artinya dalam hal pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku agresif ditemukan pengaruh yang signifikan. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima (Ha = rxy > 0). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap perilaku agresif siswa di SMA Adhyaksa 1 Jambi. Berdasarkan hasil penelitian ini memberikan implikasi terhadap pihak sekolah terutama guru pembimbing bisa memberikan layanan bimbingan dan konseling sesuai dengan teknik-teknik yang dikuasai kepada siswa mengenai kecerdasan emosional dengan perilaku agresif.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | EKA ETIK RUMIYANI |
Date Deposited: | 27 Nov 2018 04:34 |
Last Modified: | 27 Nov 2018 04:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6098 |
Actions (login required)
View Item |