Kontribusi Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI SMA Adhyaksa 1 Jambi

Sri Mentari Silaban, Mega (2018) Kontribusi Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI SMA Adhyaksa 1 Jambi. Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dan Komunikasi Interpersonal. (Unpublished)

[img] Text
1._Cover[1].pdf

Download (23kB)
[img] Text
Abstrak[1].pdf

Download (240kB)
[img] Text
Lembar_Pengesahan[1].pdf

Download (204kB)
[img] Text
Daftar_Isi[1].pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB_I[1].pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB_V[1].pdf

Download (150kB)

Abstract

Komunikasi interpersonal bagi siswa merupakan hal yang penting sebagai upaya meningkatkan hubungan sosial dengan orang lain, prestasi akademik dan non akademik siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) mengungkapkan gambaran umum komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMA Adhyaksa 1 Jambi, (2) mengungkapkan gambaran umum pelaksanaan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Adhyaksa 1 Jambi, dan mengungkapkan kontribusi pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMA Adhyaksa 1 Jambi. Layanan bimbingan kelompok adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok, yaitu adanya interaksi saling mengeluarkan pendapat, memberikan tanggapan, dan sebagainya. Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang terjadi antara komunikan dengan komunikator, dimana pesan yang disampaikan dari seseorang dan diterima oleh orang lain dengan efek dan umpan balik yang terjadi secara langsung. Penelitian ini merupakan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu angket. Ditinjau dari sudut perlakuan terhadap sumber data, penelitian ini adalah penelitian expost facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Adhyaksa 1 Jambi sebanyak 200 siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 80 siswa, yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan model skala Likert. Tujuan Penelitian pertama dan kedua dianalisis dengan teknik analisis rumus persentase, sedangkan tujuan penelitian ketiga dianalisis dengan teknik pengukuran indeks determinasi. Hasil penelitian ini antara lain: (1) rata-rata keseluruhan komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMA Adhyaksa 1 Jambi berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 72,46%. (2) rata-rata keseluruhan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok siswa kelas XI SMA Adhyaksa 1 Jambi keseluruhan berada pada kategori terlaksana dengan persentase sebesar 73,63%. (3) pelaksanaan layanan bimbingan kelompok berkontribusi secara signifikan terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMA Adhyaksa 1 Jambi sebesar 7,3%. Dapat disimpulkan bahwa semakin bagus pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang diselenggarakan oleh guru pembimbing maka semakin bagus pula komunikasi interpersonal siswa XI SMA Adhyaksa 1 Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: MEGA SRI MENTARI
Date Deposited: 27 Nov 2018 04:34
Last Modified: 27 Nov 2018 04:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6099

Actions (login required)

View Item View Item