MARGI UTAMI, SURI (2024) Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Model Argument Driven Inquiry pada Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta didik SMA. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
DRAF FULL TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN (2).pdf Download (342kB) |
Abstract
Utami, S. M. 2023. Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Model Argument Driven Inquiry pada Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta didik SMA. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Dr. Drs. Haryanto, M. Kes. II. Dr. Agus Subagyo, S.Si., M.Si. Perkembangan zaman menuntut sumber daya manusia yang tidak hanya memiliki pengetahuan tetapi juga memiliki keterampilan yang baik. Pemerintah berupaya meningkatkan kualitas mutu lulusan dengan menekankan keterampilan 4C. Keterampilan argumentasi ilmiah mencakup kemampuan pesera didik membangun sebuah argumen disertai dengan bukti-bukti yang mendukung (berfikir kritis) serta mengkomunikasikan argumen tersebut (komunikasi). Berdasarkan hasil observasi di SMAN 4 Tanjung Jabung Timur, diketahui bahwa keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik masih rendah serta belum tersedia bahan ajar yang khusus digunakan untuk melatih keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik. Penggunaan E-LKPD interaktif berbasis argument driven inquiry diharapkan dapat melatih peserta didik untuk membangun argumen yang baik selama kegiatan pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD Interaktif, mengetahui kelayakan konseptual dan prosedural E-LKPD, serta mengetahui efektivitas dari penerapan E-LKPD Interaktif Berbasis Model Argument Driven Inquiry pada materi sistem ekskresi untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik SMA. Penelitian ini tergolong penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Lee & Owens yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat layak melalui validasi oleh ahli materi dengan persentase skor 98,57% dan oleh ahli media diperoleh persentase skor 95%. E-LKPD dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil penilaian guru IPA dengan persentase skor 98,57%, hasil ujicoba satu-satu diperoleh 93,3% dengan kategori sangat layak, uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 89% dengan kategori sangat layak. Pada hasil uji efektivitas menggunakan uji N-gain diperoleh nilai g sebesar 0,57 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-LKPD Interaktif Berbasis Model Argument Driven Inquiry pada Materi Sistem Ekskresi cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik. Kata Kunci: E-LKPD, argument driven inquiry , keterampilan argumentasi ilmiah
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, argument driven inquiry , keterampilan argumentasi ilmiah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Utami |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 08:31 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 08:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61013 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |