PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI PADA MATA PELAJARAN PPKN

SHOLEHAH, IMROATUS PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI PADA MATA PELAJARAN PPKN. jurnal PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI PADA MATA PELAJARAN PPKN.

[img] Text
a. COVER I.docx

Download (241kB)
[img] Text
pengesahan.docx

Download (1MB)
[img] Text
daftar isi.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (42kB)

Abstract

ABSTRAK Sholehah, Imroatus. 2018. Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi pada Mata Pelajaran PPKn. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Irwan, M.Pd., (II) Maryatun Kabatiah, S.Pd, M.Pd., Kata kunci: Interaksi Teman Sebaya, Minat Belajar Minat belajar siswa menetukan keberhasilan akan suatu pembelajaran. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Muaro Jambi, mata pelajaran PPKn masih dianggap kurang menarik atau dengan kata lain minat belajar siswa tergolong rendah. Hal ini dikarenakan masih adanya siswa yang tidak memperhatikan guru menjelaskan materi, mengobrol dan bercanda dengan temannya pada saat proses belajar mata pelajaran PPKn. Adapun rendahnya minat belajar siswa dapat disebabkan oleh faktor eksternal dan internal dari diri siswa tersebut. Salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa adalah teman sebaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap minat belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi pada mata pelajaran PPKn. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif bersifat ex post facto, yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 176 dan sampelnya berjumlah 64 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang berisikan 22 item untuk teman sebaya dan 23 item untuk minat belajar. Data diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada responden yaitu siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Setelah angket diisi dan dikembalikan, selanjutnya melakukan pengolahan dan perhitungan data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS release 22.0. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi teman sebaya termasuk kategori baik dengan presentase (60.94%) dan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn termasuk kategori tinggi (67.19%). Penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara teman sebaya dan minat belajar siswa. Besaran pengaruh dapat dilihat pada hasil uji hipotesis sebesar 0,619 dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05 serta hasil koefisien determinasi sebesar 0,383 dengan presentase sebesar 38,3%. Sedangkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 6,203 > ttabel = 1,550 (tabel nilai signifikan 5%). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat sebagai bahan informasi dan masukan bagi dunia pendidikan dan peneliti selanjutnya. Selanjutnya bagi siswa diharapkan selalu menjaga hubungan baik, saling membantu dan mendukung temannya yang sedang mengalami kesulitan dalam belajar PPKn tanpa mengharapkan imbalan sehingga dapat menumbuhkan dan meningkatkan minat belajar PPKn pada temannya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: IMROATUS SHOLEHAH
Date Deposited: 29 Nov 2018 02:28
Last Modified: 29 Nov 2018 02:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6110

Actions (login required)

View Item View Item