PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI PADA MATA PELAJARAN PPKN

MARDIANA, RISKA PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI PADA MATA PELAJARAN PPKN. jurnal PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI PADA MATA PELAJARAN PPKN.

[img] Text
COVER 1.docx

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR IS1.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (68kB)
[img] Text
pengesahan.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Mardiana,Riska. 2018.“Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Muaro Jambi Pada Mata Pelajaran PPKn”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I. Dr. Drs. Akmal Sutja, M.Pd dan Pembimbing II Dona Sariani, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Inquiry Learning, Hasil Belajar Salah satu masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Muaro Jambi. Hal ini diduga disebabkan oleh pola pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru di mana siswa kurang diberi kesempatan untuk mengembangkan kreativitasnya dan terlibat secara maksimal dalam proses pembalajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu upaya pengembangan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran inquiry learning. Ada enam langkah dalam pelaksanaan model pembelajaran inquiry learning yaitu: 1) stimulation, 2) problem statement, 3) data collection, 4) data processing, 5) verification, dan 6) generalization. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry learning terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Muaro Jambi. model pembelajaran inquiry learning diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan rancangan desain nonequivalent control group desain. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Muaro Jambi. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X MIPA yang terdiri dari 5 kelas dan berjumlah 176, sampel diambil 2 kelas yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian yang diperoleh, rata-rata nilai kelas eksperimen (82,29) dan rata-rata nilai kelas kontrol (77,42). Setelah diuji hipotesis dengan menggunakan uji-t maka diperoleh nilai thitung = 2,0736 sedangkan ttabel = 1,6676. Kriteria pengujiannya jika thitung > ttabel (2,0736 > 1,6676). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry learning terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Muaro Jambi pada mata pelajaran PPKn. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembejaran inquiry learning terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA N 1 Muaro Jambi pada mata pelajaran PPKn. Maka disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran inquiry learning pada proses pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan pengaruh belajar siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RISKA MARDIANA
Date Deposited: 29 Nov 2018 02:28
Last Modified: 29 Nov 2018 02:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6111

Actions (login required)

View Item View Item