Mulyana, Desi (2018) Hubungan efikasi diri dengan perilaku menyontek pada siswa kelas X SMA ADHYAKSA 1 Kota Jambi. efikasi diri dan perilaku menyontek. (Unpublished)
Text
cover[1].pdf Download (122kB) |
|
Text
abstrak[1].pdf Download (122kB) |
|
Text
lembar_pengesahan[1].pdf Download (180kB) |
|
Text
BAB_I[1].pdf Download (81kB) |
|
Text
BAB_V[1].pdf Download (58kB) |
Abstract
Efikasi diri merupakan keyakinan individu mengenai kemampuan dirinya dalam melaksanakan tugas atau tindakan yang diperlukan untuk mencapai hasil tertentu berdasarkan pengalaman keberhasilan, pengalaman orang lain, persuasi verbal dan kondisi fisiologis. Sedangkan perilaku menyontek merupakan Kegiatan mencari jawaban atas soal-soal ujian yang dilakukan dengan cara-cara tertentu baik itu menggunakan sms (short sending messsage) untuk mengirim jawaban saat ujian, ataupun menjiblak teks dari buku dan internet. guru selalu mengajarkan dan menerapkan sikap kejujuran kepada siswa,tetapi pada kenyataanya masih ditemukan perilaku siswa yang sebaliknya, antara lain berbohong dengan orang tua dan guru, perilaku membolos, menyontek saat ada tugas dari guru atau saat ulangan, dan lain-lain. Salah satu dari contoh diatas adalah menyontek. Menyontek ketika mendapatkan tugas pelajaran di sekolah merupakan perbuatan curang karena tugas yang diberikan guru tersebut merupakan tugas individu yang tidak boleh sama dengan teman yang lainnya dan Sudah menjadi kebiasaan bagi siswa melakukan perilaku menyontek tersebut.Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi di SMA ADHYAKSA I Kota Jambi bahwa di sekolah tersebut terdapat siswa yang memiliki efikasi diri rendah sehingga menyebabkan siswa berperilaku menyontek di lingkungan sekolah. Alasan inilah yang mengarahkan peneliti untuk mengangkat judul : Hubungan Efikasi Diri dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas X SMA ADHYAKSA I Kota Jambi. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan efikasi diri dengan perilaku menyontek pada siswa kelas X SMA ADHYAKSA I Kota Jambi. Dalam penelitian ini hanya membahas mengenai efikasi diri yang memiliki hubungan dengan perilaku menyontek. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional, dengan populasi adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 157. Jumlah sampel sebanyak 72 yang di ambil menggunakan tekhnik simple random sampling. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah berupa angket dengan 52 item terdiri dari 32 item variabel efikasi diri serta 20 item variabel perilaku menyontek. Dengan hasil anlisis uji korelasi yang telah dilakukan dengan bantuan SPSS 21.0, dan hasil uji korelasi product moment, diperoleh hasil output uji korelasi atau r hitung sebesar 0,432 yang berada pada tingkat hubungan korelasi sedang/ hubungan memadai. Dengan demikian bahwa antara efikasi diri dengan perilaku menyontek terdapat korelasi positif dan berarti. Dari hasil penelitian diharapkan dapat memberi masukan kepada pihak sekolah khususnya guru pembimbing bisa memberikan layanan-layanan dan bimbingan kepada siswa Self-efficacy is an individual's belief in his ability to carry out tasks or actions n ded to achieve certain results based on experience of success, other people's experiences, verbal persuasion and physiological conditions. While cheating behavior is an activity of looking for answers to exam questions that are done in certain ways either using sms (short sending messsage) to send answers during the exam, or copying text from books and the internet. th teacher always teaches and applies honesty to students, but in reality students still find behaviors that, on the other hand, lie with parents and teachers, truant behavior, cheat when there are assignments from the teacher or during tests, and so on. One of the examples abov is cheating. Cheating when getting a lesson assignment in school is cheating because th assignment given by the teacher is an individual duty that cannot be the same as other friends and it is a habit for students to commit cheating behavior. Based on the background of th problems that occur in ADHYAKSA I SMA Jambi that in this school there are students who hav e low self-efficacy which causes students to cheat in th e school environment. This reasoning led the researcher to raise the title: Relationship of Self-Efficacy with Cheating Behavior in Class X Students of SMA ADHYAKSA I Jambi City. The objectives to be achieved in this study are to reveal the relationship betw n self-efficacy and cheating behavior in class X SMA ADHYAKSA I Jambi City. In this study only discussed about self-efficacy that has a relationship with cheating behavior. This typ e of research is correlational research, with th e population being all class X consisting of 5 classes with the number of students 157. The number of samples is 72 taken using simpl e random sampling techniques. In this study th e instruments used wer questionnaires with 52 items consisting of 32 items of self-efficacy variables and 20 items of cheating behavior variables. With the results of the analysis of correlation tests that have b n carried out with the help of SPSS 21.0, and the results of the product moment correlation test, the results of the correlation test output or r count of 0.432 are obtained at the level of moderate correlation / adequate relationship. Thus that betw n self-efficacy and cheating behavior there is a positive and meaningful correlation. From the results of the study, it is expected to provide input to the school especially guidanc teachers can provide services and guidance to students regarding self-efficacy and cheating behavior of students in the school environment, so that in the future students can improv self-efficacy so as not to cheat.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | DESI MULYANA |
Date Deposited: | 27 Nov 2018 04:35 |
Last Modified: | 27 Nov 2018 04:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6113 |
Actions (login required)
View Item |