Upaya Mengurangi Kenakalan Remaja Perilaku Bolos Melalui Penerapan Teknik Live Modeling Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI Ips 1 SMAN 6 Kota Jambi

Amnah, Hizatul (2023) Upaya Mengurangi Kenakalan Remaja Perilaku Bolos Melalui Penerapan Teknik Live Modeling Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI Ips 1 SMAN 6 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (456kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (413kB)
[img] Text
CamScanner 29-01-2024 09.42.pdf

Download (271kB)
[img] Text
pengesahan .pdf

Download (159kB)
[img] Text
SKRIPSI I-V Hizatul Amnah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Membolos dapat diartikan sebagai perilaku siswa yang tidak masuk sekolah dengan alasan yang tidak tepat, atau membolos juga dapat dikatakan sebagai ketidakhadiran siswa tanpa adanya suatu alasan yang jelas. Kenakalan remaja terdiri dari empat jenis yaitu: kenakalan yang menimbulkan korban fisik, menimbulkan korban materi, kenakalan remaja yang tidak menimbulkan korban dipihak orang lain, dan kenakalan remaja yang melawan status. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang ada di SMAN 6 Kota Jambi diamana banyak siswa memiliki perilaku kenakalan remaja yaitu perilaku bolos yang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu ikut-ikut teman untuk membolos, sehingga banyak perilaku bolos yang ditemui. Bolos termasuk perilaku kenakalan remaja yang melawan status. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya mengurangi kenakalan remaja melalui penerapan teknik Live Modeling dalam layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI IPS 1 SMAN 6 Kota Jambi. Bertujuan untuk memperoleh tingkah laku baru, mengeliminasi perilaku lama yang merusak diri dan memperkuat, serta mempertahankan perilaku yang diinginkan yang lebih sehat. Sebagian tingkah laku manusia dipelajari melalui peniruan maupun penyajian, contoh tingkah laku modeling. Jenis/metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindak layanan degan Teknik Live Modeling. Subjek utama yaitu siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 6 Kota Jambi yang terdiri dari 10 orang siswa, Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan pandangan dengan modeling bisa memotivasi seseorang untuk belajar perilaku yang dilihatnya sehingga bisa untuk diteladani oleh klien sebagai perubahan perilaku tertentu. Peneliti menyimpulkan penerapan teknik Live Modeling mampu mengurangi perilaku bolos siswa. Hasil observasi juga mendukung bahwa dalam siklus ketiga angota kelompok telah mampu memahami dan dapat mengurangi kenakalan remaja perilaku bolos siswa dan memiliki perilaku baru setelah mengikuti bimbingan kelompok. teknik Live Modeling dalam bimbingan kelompok efektif membantu siswa dalam mengurangi kenakalan remaja perilaku bolos. Hal ini juga dapat dilihat dari tabel hasil kriteria yang dibuat oleh peneliti.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kenakalan Remaja, Prilaku Bolos, Live Modeling
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: AMNAH
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:07
Last Modified: 10 Jul 2024 09:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61180

Actions (login required)

View Item View Item