Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Di SMP N 5 Kota Jambi.

Isnaini, Maya (2023) Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Di SMP N 5 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Cover skripsi.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (152kB)
[img] Text
1 Fiks Skripsi Maya.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Hal Pengesahan Maya.pdf

Download (371kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena siswa yang masuk dilingkungan sekolah baru dan harus menyesuaikan diri. Siswa juga harus mentaati peraturan yang ada dilingkungan sekolah barunya agar menjadi siswa yang disiplin. Beberapa bentuk penyesuaian diri yang baru seperti mentaati peraturan, berinteraksi dengan teman baru, bersikap ramah dan sopan santun terhadap guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh kedisiplinan terhadap penyesuaian diri siswa di SMP Negeri 5 Kota Jambi. Adapun fokus pada penelitian ini yaitu penyesuaian diri yang dimaksud dalam penelitian ini adalah penyesuaian sosial yang merupakan penyesuaian yang dilakukan individu terhadap lingkungan di luar dirinya, seperti lingkungan sekolah. Untuk kedisiplinan dalam penelitian ini terfokus pada siswa yang tidak mentaati peraturan sekolah. Siswa yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket, dan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah sampel sebanyakn 126 siswa. Untuk mengetahui ketetapan instrument, dilakukan uji validitas dan uji reabilitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan formula c, uji normalitas, uji linearitas, serta analisis regresi sederhana dibantu program spss 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kedisiplinan terhadap penyesuaian diri siswa di lingkungan sekolah dan berada pada persentase 34,2% atau 0,342 dengan klasifikasi Cukup Kuat. Hendaknya guru/pihak sekolah memperhatikan tentang kedisiplinan siswanya dan bagaimana siswanya dapat menyesuaikan dengan lingkungan sekolah nya yang baru. Jika kedisiplinanya baik maka akan berdampak positif pada sekolah. Kata Kunci : Penyesuaian Diri, Kedisiplinan This research is motivated by the phenomenon of students entering a new school environment and having to adapt. Students must also obey the rules in their new school environment in order to become disciplined students. Some new forms of adjustment such as obeying rules, interacting with new friends, being friendly and polite towards teachers. This research aims to reveal the influence of discipline on students' adjustment at SMP Negeri 5 Jambi City. The focus of this research is that self-adjustment referred to in this research is social adjustment, which is the adjustment made by individuals to the environment outside themselves, such as the school environment. Discipline in this research focuses on students who do not obey school rules. The students studied in this research were class VII students at SMP Negeri 5 Jambi City. This type of research is quantitative with a survey method. The data collection technique is using a questionnaire, and the sampling technique uses random sampling with a sample size of 126 students. To determine the validity of the instrument, validity and reliability tests are carried out. Meanwhile, data analysis techniques use the C formula, normality test, linearity test, and simple regression analysis assisted by the SPSS 26 program. The research results show that there is an influence of discipline on students' adjustment to the school environment and is at a percentage of 34.2% or 0.342 with a Fairly Strong classification. Teachers/school officials should pay attention to their students' discipline and how their students can adapt to their new school environment. If discipline is good it will have a positive impact on school. Keywords: Adjustment, Discipline

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan,Penyesuaian Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: ISNAINI
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:45
Last Modified: 07 Feb 2024 07:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61265

Actions (login required)

View Item View Item