Pola Bimbingan Orang Tua Dalam Mengembangkan Perilaku Sopan Santun Siswa SMP Negeri 2 Kota Jambi.

Sari, Nurmala (2023) Pola Bimbingan Orang Tua Dalam Mengembangkan Perilaku Sopan Santun Siswa SMP Negeri 2 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (511kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (90kB)
[img] Text
Full Skripsi Nurmala Sari.pdf

Download (17MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (166kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena rendahnya perilaku sopan santun siswa. Permasalahan sopan santun erat kaitannya dengan keluarga, permasalahan pada penelitian ini tentang bagaimana perilaku sopan santun anak dan pola atau cara bimbingan yang seperti apa yang diterapkan orang tua di rumah yang mana hal ini dapat menjadi contoh bagi anak-anaknya dalam berperilaku sehari-hari dalam lingkungannya terutama di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan dan mendeskripsikan pola atau cara bimbingan orang tua dalam mengembangkan perilaku sopan santun siswa SMP Negeri 2 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif studi kasus dengan teknik snowball sampling. Subjek utama dalam penelitian ini yaitu enam orang partisipan diantaranya tiga siswa beserta masing-masing orang tuanya dan subjek tambahan yang disebut informan terdiri dari enam orang diantaranya satu orang guru pembimbing kelas VII D dan VII E, wali kelas VII D dan VII E, serta tiga orang teman sebaya yang akrab dan berada dalam satu kelas dengan masing-masing partisipan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan keabsahan data menggunakan triangulasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini berdasarkan teori pelaksanaan peranan keluarga yaitu masing�masing orang tua menerapkan pola atau cara bimbingan yang berbeda dalam mengembangkan perilaku sopan santun siswa seperti memberikan contoh secara langsung untuk bersikap ramah dan menyapa orang yang dikenal, mendampingi anak ketika belajar dan beribadah, mengawasi pergaulan anak, bekerja sama menyelesaikan pekerjaan rumah, memberikan kesempatan kepada anak untuk mengambil keputusan terkait dirinya sendiri dan mengajarkan anak berbicara dan bersikap lemah lembut kepada sesama manusia. Adapun kesibukan orang tua dalam bekerja dari pagi hingga petang mengakibatkan anak menjadi terabaikan dan tanpa disengaja orang tua memberikan contoh negatif seperti mengucapkan bahasa kasar, memukul, membiarkan anak dengan pergaulan yang tidak orang tua ketahui,serta tidak memberikan kesempatan kepada anak untuk mengambil keputusan terkait diri anak itu sendiri. Sehingga hal ini berdampak dan menjadi salah satu faktor permasalahan sopan santun yang dilakukan anak di lingkungan sekolahnya. This research is motivated by the phenomenon of low polite behavior student. Manners problems are closely related to family, problems with This research is about children's polite behavior and patterns or methods of guidance which is what parents implement at home which can be the case an example for their children in their daily behavior in their environment, especially in school environment. The aim of this research is to reveal and describe patterns or methods parental guidance in developing polite behavior for SMP Negeri 2 students Jambi City. The type of research used is qualitative case study research snowball sampling technique. The main subjects in this research were six participants including three students and their respective parents and additional subjects It is said that the informants consisted of six people, one of whom was a class supervisor VII D and VII E, homeroom teachers for classes VII D and VII E, as well as three close friends and peers were in the same class as each participant. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation with data validity using triangulation. Then the data analysis technique used is reduction data, data presentation, and conclusions. The results of this research are based on the theory of implementing family roles, namely that each parent applies a different pattern or method of guidance develop students' polite behavior such as providing direct examples to be friendly and greet people you know, accompany children when studying and worship, supervise children's interactions, work together to complete homework, give children the opportunity to make decisions regarding themselves and teach children to speak and be gentle with fellow humans. The busyness of parents at work from morning to evening results in children become neglected and parents unintentionally set negative examples such as speaking harsh language, hitting, leaving children with inappropriate social groups parents know, and do not give children the opportunity to take it decisions regarding the child himself. So this has an impact and becomes one factors of politeness problems faced by children in their school environment.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orang Tua,Perilaku Sopan Santun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Sari
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:45
Last Modified: 07 Feb 2024 07:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61266

Actions (login required)

View Item View Item