Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Teks Akademik Mahasiswa Thailand di Universitas Jambi: Kajian Semantik

Bakhtiar, Suhaina (2024) Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Teks Akademik Mahasiswa Thailand di Universitas Jambi: Kajian Semantik. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1 Full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
2 Cover dan sampul.pdf

Download (219kB)
[img] Text
3 Hlm Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (342kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
5 BAB 1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
6 BAB 5.pdf

Download (208kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB)

Abstract

Mahasiswa Thailand di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Jambi menghadapi tantangan dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa Thailand adalah penggunaan bahasa Indonesia dengan tepat sesuai kaidah semantik dalam penulisan teks akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa tataran semantik dalam teks akademik mahasiswa Thailand di Universitas Jambi serta mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kesalahan berbahasa dalam teks akademik mahasiswa Thailand di Universitas Jambi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tugas kepada mahasiswa Thailand. Analisis data dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah analisis isi yang meliputi; (1) pengadaan data; (2) menentukan kode atau kategori yang akan digunakan dalam menganalisis; (3) melakukan pengkodean atau kategorisasi data dan klasifikasi data; (4) menghitung dan memeringkat setiap kategori kesalahan serta memberikan rekomendasi perbaikan; dan (5) membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan 15 data hiperkorek, 37 data pleonasme, 23 data ambiguitas, dan 70 data pilihan kata atau diksi yang tidak tepat. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa Thailand di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Jambi memiliki keterbatasan kosakata dan pemahaman makna kata yang dapat membawa dampak signifikan terhadap kualitas teks akademik. Kata kunci: kesalahan berbahasa, semantik, teks akademik

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesalahan berbahasa; semantik; teks akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Bakhtiar
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:35
Last Modified: 17 Jul 2024 05:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61356

Actions (login required)

View Item View Item