Ficanysha, Yufa (2018) PERBEDAAN KONSEP DIRI SISWA DI TINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 KOTA JAMBI. Konsep Diri , Pola Asuh Orang Tua. (Unpublished)
Text
COVER.pdf Download (25kB) |
|
Text
pengesahan.pdf Download (567kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (255kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (158kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Perbedaan Konsep Diri Siswa Di Tinjau dari Pola Asuh Orang Tua Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Jambi. Oleh : Ficanysha, Yufa NIM : A1E114011 Pembimbing I : Drs. Joni Afri, M.Pd Pembimbing II : Drs. Asradi, MM Kata Kunci: Konsep Diri, Pola Asuh Orang Tua Konsep diri merupakan suatu gagasan yang mencakup keyakinan, pandangan, penilaian, dan perasaan individu mengenai dirinya sendiri, yang dapat bersifat psikologis, sosial, dan fisik kemudian berkembang sesuai dengan pengalaman dan interaksi dengan orang lain, antara lain sikap orang tua dalam mengasuhnya. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan konsep diri siswa kelas VIII SMP negeri 21 Kota Jambi berdasarkan aspek pengetahuan, harapan dan penilaian, (2) mendeskripsikan pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif yang diterapkan oleh masing-masing orang tua siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Jambi, dan (3) mendeskripsikan perbedaan konsep diri siswa ditinjau dari pola asuh pada siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk penelitian komparatif, dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis One way Anova. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Jambi, dengan jumlah sampel sebanyak 73 orang, yang dipilih dengan teknik simple random sampling dan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan model skala Likert. Tujuan Penelitian pertama, kedua dianalisis dengan teknik persentase dan tujuan penelitian ketiga dianalisis dengan teknik analisis One way Anova. Temuan penelitian ini: (1) Secara rata-rata keseluruhan konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Jambi berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 74,42%, (2) Secara rata-rata keseluruhan pola asuh orang tua siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Jambi berada pada kategori bagus dengan persentase sebesar 73,47%, (3) Dari 73 siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Jambi yang diambil secara acak, 15 orang siswa diasuh dengan pola asuh otoriter, 29 orang diasuh dengan pola asuh demokratis, dan 29 orang diasuh dengan pola asuh permisif (4) Konsep diri siswa dari pola asuh otoriter secara keseluruhan yaitu 71,11%, konsep diri siswa dari pola asuh demokratis secara keseluruhan yaitu 76,19%, dan konsep diri siswa dari pola asuh permisif secara keseluruhan yaitu 73,85%, (5) terdapat perbedaan konsep diri siswa ditinjau dari pola asuh orang tua pada siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | YUFA FICANYSHA |
Date Deposited: | 28 Nov 2018 06:27 |
Last Modified: | 28 Nov 2018 06:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6137 |
Actions (login required)
View Item |