Simbolon, Betty (2024) Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Kartu Angka Kelas III Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text (Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Kartu Angka Kelas III Sekolah Dasar)
cover saja.pdf - Submitted Version Download (21kB) |
![]() |
Text (Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Kartu Angka Kelas III Sekolah Dasar)
BETTY S-A1D119061.pdf - Submitted Version Download (5MB) |
![]() |
Text (Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Kartu Angka Kelas III Sekolah Dasar))
persetujuan, pengesahan.pdf - Submitted Version Download (267kB) |
![]() |
Text (Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Kartu Angka Kelas III Sekolah Dasar))
ABSTRAK (3).pdf - Submitted Version Download (14kB) |
![]() |
Text (Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Kartu Angka Kelas III Sekolah Dasar))
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Download (183kB) |
![]() |
Text (Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Kartu Angka Kelas III Sekolah Dasar))
BAB V (1).pdf - Submitted Version Download (44kB) |
![]() |
Text (Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Kartu Angka Kelas III Sekolah Dasar))
DAFTAR PUSTAKA (3).pdf - Submitted Version Download (220kB) |
Abstract
Simbolon, Betty 2023. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Kartu Angka Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, pembimbing (1) Dr. Yantoro, M.Pd. (2) Andi Gusmaulia Eka Putri, M.Pd Kata Kunci: kemampuan pemahaman matematis, Contextual Teaching and learning, kartu angka Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui penerapan media pembelajaran kartu angka pada muatan matematika di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 134/I Merbau dengan siswa 14 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan) dan tes. Instrumen observasi penelitian ini adalah lembar observasi indikator contextual teaching and learning dan lembar observasi aktivitas guru. Instrumen untuk mengukur kemampuan operasi hitung siswa adalah dengan melakukan tes di setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis pada siswa kelas III Sekolah Dasar, yaitu dapat dari hasil observasi siswa pada siklus 1 pertemuan 1 dengan persentase 69.86%, pada siklus 1 pertemuan 2mengalami peningkatan yaitu 77,97%. Siklus 2 pertemuan 1 dengan persentase 78,96% dan pada siklus 2 pertemuan 2 mengalami peningkatan menjadi 82,73%. Selanjutnya hasil tes yaitu pre test dengan persentase klasikal adalah 23,07%. Hasil post test pada siklus 1 mencapai ketuntasan klasikal 57,14%. Kemudian hasil post test pada siklus 2 mencapai ketuntasan klasikal 78,57%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam operasi hitung perkalian dan pembagian siswa setelah dilakukan tindakan menerapkan model contextual teaching and learning berbantuan media kartu angka.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Matematis, Contextual Teaching and Learning, Kartu Angka |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Simbolon |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 07:11 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 02:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |