Refika, Amalia (2018) PENERAPAN KONTRAK PERILAKU UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI SISWA DENGAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DI KELAS IX.A SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI. Konsentrasi siswa, Layanan penguasaan konten, Kontrak perilaku. (Unpublished)
Text
cover[2].pdf Download (20kB) |
|
Text
PENGESAHA.pdf Download (564kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (144kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (132kB) |
Abstract
Amalia Refika, 2018. “Penerapan Kontrak Perilaku Untuk Meningkatkan Konsentrasi Siswa Dengan Layanan Penguasaan Konten Di Kelas IX.A SMP Negeri 8 Kota Jambi”. Pembimbing 1 : Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd Pembimbing 2 : Dr. Akmal Sutja, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode kontrak perilaku dalam layanan penguasaan konten yang dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas IX.A SMPN 8 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan layanan (PTL). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 tindakan, dan penelitian ini terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan salah satu guru bimbingan dan konseling yang ada di SMPN 8 Kota Jambi. Teknik didalam pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil lembaran observasi terhadap proses pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan metode kontrak perilaku dapat diperoleh gambaran bahwa secara umum pelaksanaan telah sesuai dengan skenario yang direncanakan. Namun dalam pelaksanaannya nilai untuk masing-masing tahapan belum maksimal pada siklus 1 tindakan 1 akan tetapi pada siklus 2 tindakan 2 nilai untuk masing-masing tahapan sudah maksimal sebagaimana pada siklus 2 tindakan 2 berdasarkan hasil olahan observasi dapat dilihat bahwa dalam 20 item terdapat 2 item termasuk kedalam kategori sedikit tepat, dan 18 item termasuk kedalam kategori sangat tepat. Hasil dari penilaian proses yaitu konsentrasi belajar siswa menggambarkan bahwa setelah terlaksananya siklus 1 dan 2, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan konsentrasi siswa kelas IX.A SMPN 8 Kota Jambi. Sebelum diberi tindakan konsentrasi siswa berada pada presentase 32,1% dengan kriteria rendah, dansetelahdiberikantindakanpadasiklus 1 tindakan 1 beradapadapresentase 47,9% yang dimana termasuk kedalam kategori sedang, pada tindakan 2 meningkat menjadi 52,7% dan termasuk kedalam kategori sedang. Pada siklus 2 tindakan 1 bobot presentase adalah 67,5% termasuk kedalam kategori tinggi, dan pada tindakan 2 bobot presentase adalah 75,2 yang dimana termasuk kedalam kategori tinggi. Dari semua tindakan yang telah dilakukan, pada pelaksanaan siklus 2 tindakan 2 dirasakan paling efektif untuk diterapkan, karena setelah melalui beberapa tindakan, pada siklus 2 tindakan 2 terdapat beberapa perlakuan yang berbeda dimana perlakuan ini merupakan perubahan-perubahan atas perbaikan terhadap tindakan yang sebelumnya dirasakan kurang maksimal.. Kata Kunci : Konsentrasi, LayananPenguasaanKonten
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AMALIA REFIKA |
Date Deposited: | 29 Nov 2018 02:28 |
Last Modified: | 29 Nov 2018 02:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6140 |
Actions (login required)
View Item |