DIMASTUTI, SRI (2024) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA(STUDI DESKRIPTIF PADA SISWA KELASVIII SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
Skripsi full Sri Dimastuti (A1E119006).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan yang menunjukkan bahwa perilaku prokrastinasi akademik sering dilakukan oleh siswa/I kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Siswa sering melakukan prokrastinasi akademik seperti siswa belum mengumpulkan tugas melebihi waktu yang telah ditentukan bahkan terdapat siswa yang baru mengerjakan tugas ketika sudah berulang kali mendapat teguran dari guru. Tugas-tugas yang sering ditunda oleh siswa hampir secara keseluruhan seperti menyalin catatan, soal-soal isian esay dan juga tugas yang hasil akhirnya berupa project. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor internal dan juga eksternal apa saja yang menjadi penyebab prokrastinasi akademik pada siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII Tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah sampel sebanyak 88 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket yang berisi 21 item pernyataan kemudian hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus persentase formula C. Hasil penelitian yang diperoleh membuktikan bahwa faktor internal dan juga eksternal diakui sebagai penyebab prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Faktor internal sebagai penyebab prokrastinasi akademik disebabkan oleh faktor kondisi kesehatan dengan persentase 48,8%, faktor kemampuan sosial dengan persentase 49,4% dan faktor motivasi dengan persentase 49,7%. Sedangkan faktor eksternal sebagai penyebab prokrastinasi akademik disebabkan oleh faktor kondisi lingkungan dengan persentase sebesar 47,8%. Dengan demikian, hasil analisis yang diperoleh dapat memberikan implikasi terhadap pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah dalam usaha mengentaskan permasalahan prokrastinasi akademik siswa. Kata Kunci : Prokrastinasi Akademik
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prokrastinasi Akademik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Dimastuti |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 08:07 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 07:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |