Fransisca, Maria (2024) Tokoh dan Penokohan Naskah Drama dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (30kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (8kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (751kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (11kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (151kB) |
Abstract
ABSTRAK Fransisca, Maria. 2023. Tokoh dan Penokohan Naskah Drama dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd. (2) Ade Bayu Saputra, M.Pd. Kata Kunci: tokoh, penokohan, naskah drama Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tokoh dan penokohan yang terdapat pada naskah drama Panembahan Reso (PR) karya W.S Rendra, naskah drama Pengejaran (Pn), naskah drama Semangkuk Perpisahan di Meja Makan (SPMM) karya Miranda Seftiana, dan naskah drama Tumbang (Tg) karya Trisno Sumardjo dalam buku teks bahasa Indonesia SMA kelas XI Kurikulum 2013 (K-13) dan Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan objektif. Data penelitian ini berupa lakuan tokoh yang tertulis dalam bentuk dialog tokoh atau ungkapan tokoh lain. Sumber data penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI yang di dalamnya terdapat naskah drama. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan memanfaatkan tabel korpus data. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik membaca intensif, teknik simak, dan teknik catat. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif model alir yang terdiri dari tiga langkah yakni reduksi data, display data atau penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Dalam Naskah Drama Panembahan Reso (PR) karya W.S Rendra, naskah drama Pengejaran (Pn), naskah drama Semangkuk Perpisahan di Meja Makan (SPMM) karya Miranda Seftiana, dan naskah drama Tumbang (Tg) karya Trisno Sumardjo secara keseluruhan terdapat 15 tokoh. Penelitian ini berfokus pada kajian tokoh dan penokohan dengan menerapkan teori Burhan Nurgiyantoro. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa terdapat 11 tokoh protagonis dan 4 tokoh antagonis yang didasarkan pada pendeskripsian sifat masing-masing tokoh. Artinya pada keempat naskah drama tersebut tokoh yang banyak ditemukan adalah tokoh protagonis. Untuk penokohan, pengarang menggambarkannya secara dramatik dengan menggunakan teknik cakapan dan teknik tingkah laku. Simpulan penelitian adalah pertama, tokoh yang ditemukan ada tokoh protagonis dan antagonis, namun demikian yang banyak dideskripsikan adalah tokoh protagonis. Untuk simpulan kedua, penokohan digambarkan secara dramatik. ABSTRACT Fransisca, Maria. 2023. Characters and Characterization of Drama Scripts in Indonesian High School Class XI Textbooks, 2013 Curriculum and Merdeka Curriculum. Thesis, Indonesian Language and Literature Education Study Program, Department of Language and Literature Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University. Supervisor (1) Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd. (2) Ade Bayu Saputra, M.Pd. Keywords: characters, characterization, drama script This research aims to describe the characters and characterizations found in the drama script Panembahan Reso (PR) by W.S Rendra, the drama script Pengjaran (Pn), the drama script Semangkuk Percepatan di Meja Dikan (SPMM) by Miranda Seftiana, and the drama script Tumbang (Tg) Trisno Sumardjo's work in the Indonesian language textbook for high school class XI 2013 Curriculum (K-13) and the Merdeka Curriculum. This type of research is qualitative research. This research approach is an objective approach. This research data is in the form of character actions written in the form of character dialogue or expressions of other characters. The data source for this research is the Class XI Indonesian High School textbook which contains a drama script. The instrument of this research is the researcher himself using corpus data tables. This research data collection technique uses intensive reading techniques, listening techniques, and note-taking techniques. The data analysis technique for this research uses a flow model qualitative data analysis technique which consists of three steps, namely data reduction, data display or data presentation, and verification or conclusions. In the drama script Panembahan Reso (PR) by W.S Rendra, the drama script Pengjaran (Pn), the drama script A Bowl of Separation at the Dining Table (SPMM) by Miranda Seftiana, and the drama script Tumbang (Tg) by Trisno Sumardjo, there are a total of 15 characters. This research focuses on studying characters and characterization by applying Burhan Nurgiyantoro's theory. The results of the research describe that there are 11 protagonist characters and 4 antagonist characters based on descriptions of the characteristics of each character. This means that in the four drama scripts the characters that are often found are the protagonists. For characterization, the author describes it dramatically using speech techniques and behavioral techniques. The conclusions of the research are first, the characters found are protagonists and antagonists, however, what is mostly described is the protagonist. For the second conclusion, the characterization is described dramatically.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tokoh, penokohan, naskah drama |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | FRANSISCA |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 08:11 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 05:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61479 |
Actions (login required)
View Item |