harahap, nova aprita ericha m. (2018) Hubungan kecerdasaan emosional dengan self control siswa kelas VII SMP NEGERI 25 Kota jambi. kecerdasaan emosional, self control. (Unpublished)
Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (244kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (148kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (156kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (697kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (681kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (160kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul skrispi :Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Self Control Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Kota Jambi”. Oleh : Nova Aprita Ericha M.Harahap Nim : RRA1E114035 Pembimbing I : Drs. Joni Afri, M. Pd Pembimbing II : Drs. Nelyahardi Gutji, M. Pd Self control merupakan suatu kemampuan individu untuk menahan keinginan atau dorongan sesaat yang bertentangan dengan tingkah laku yang tidak sesuai dengan norma sosial. sedangkan kecerdasaan emosional merupakan kemampuan mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain. Indvidu yang mampu mengembangkan kemampuan self control dengan baik akan dapat menahan atau mengendalikan emosinya. Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi di SMP NEGERI 25 Kota Jambi bahwa di sekolah memiliki self control yang tergolong masih rendah akan cendrung sulit mencari pemecahan masalah dan cendrung untuk mengambil jalan pintas.. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan self control siswa kelas VII SMP Negeri 25 Kota Jambi, (2) mendeskripsikan kecerdasan emosional siswa kelas VII SMP N 25 Kota Jambi, dan (3) mendeskripsikan hubungan kecerdasan emosional dengan self control siswa kelas VII SMP Negeri 25 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif korelasional, dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 25 Kota Jambi, dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang, yang dipilih dengan teknik simple random sampling dan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan model skala Likert. Tujuan Penelitian pertama, kedua dianalisis dengan teknik persentase, tujuan penelitian ketiga dianalisis dengan teknik analisis Pearson Product Moment. Temuan penelitian ini: (1) Secara rata-rata keseluruhan self control siswa kelas VII SMP Negeri 25 Kota Jambi berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 71,96%, (2) Secara rata-rata keseluruhan kecerdasan emosional siswa kelas VII SMP Negeri 25 Kota Jambi berada pada kategori bagus dengan persentase sebesar 72,21%, (3) berdasarkan tabel corelations menunjukkan hubungan kecerdasan emosional dengan self control sangat kuat yaitu 0,859 dengan signifikan 0,000, (4) Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki siswa kelas VII SMP Negeri 25 Kota Jambi, maka semakin tinggi self control siswa kelas VII SMP Negeri 25 Kota Jambi, begitu juga sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional yang dimiliki siswa kelas VII SMP Negeri 25 Kota Jambi, maka semakin rendah pula self control siswa kelas VII SMP Negeri 25 Kota Jambi Kata Kunci: Self Control, Kecerdasan Emosional
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NOVA APRITA ERICHA M.HARAHAP |
Date Deposited: | 28 Nov 2018 03:46 |
Last Modified: | 28 Nov 2018 03:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6151 |
Actions (login required)
View Item |