Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 19 kota Jambi

Rosa, Anisa (2024) Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 19 kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (24kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan & Persetujuan.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FIX SKRIPSI ROSA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Motivasi belajar mempunyai peranan besar dalam keberhasilan belajar, pada dasarnya tidak setiap siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar ialah teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat pengaruh teman sebaya yang dimiliki oleh siswa kelas IX, untuk mengungkapkan motivasi belajar siswa kelas IX di SMP N 19 Kota Jambi, serta untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas IX di SMP N 19 Kota Jambi. Pendekatan penelitian yang diterapkan pada penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang dipakai pada penelitian ini ialah jenis penelitian expost facto. Populasi penelitian yang akan diteliti berjumlah 246 siswa. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini ialah menggunakan simple random sampling. Dengan sampel sebanyak 148 siswa. Teknik dan alat pengumpulan data yang dilaksanakan yaitu melakukan observasi dan penyebaran kuesioner atau angket kepada responden. Data dianalisis menggunakan perhitungan persentase formula C, uji normalitas, uji linearitas, dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel teman sebaya memiliki tingkat pengaruh yang tinggi dengan persentase 78,62%, pada hasil variabel motivasi belajar memiliki tingkat yang tinggi dengan persentase 77,15%, serta pada hasil determinasi berada pada angka 0,423 atau 42,4 %. Kriteria penafsiran pengaruh determinasi 0,423 atau 42,4 % berada pada kategori cukup kuat (0,17-0,49) maka penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel teman sebaya (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y). Adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi penambah wawasan untuk Guru BK dengan memberikan bantuan agar siswa memahami dan mengembangkan potensi dalam hubungan sosial yang lebih baik melalui bidang-bidan dan layanan bimbingan dan konseling. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Teman Sebaya Learning motivation has a big role in learning success, basically not every student has high learning motivation. One of the factors that influences learning motivation is peers. This research aims to reveal the level of peer influence that class IX students have, to reveal the learning motivation of class IX students at SMP N 19 Jambi City, as well as to describe and reveal the influence of peers on the learning motivation of class IX students at SMP N 19 Jambi City. . The research approach applied in this research is quantitative research. The type of research used in this research is ex post facto research. The research population to be studied is 246 students. The sampling technique in this research was simple random sampling. With a sample of 148 students. The data collection techniques and tools used were observing and distributing questionnaires to respondents. Data were analyzed using the C formula percentage calculation, normality test, linearity test, and simple regression analysis. The results of the research show that the peer variable has a high level of influence with a percentage of 78.62%, the results of the learning motivation variable have a high level with a percentage of 77.15%, and the results of determination are at 0.423 or 42.4%. The criteria for interpreting the influence of determination of 0.423 or 42.4% are in the quite strong category (0.17-0.49), so this research shows that there is a significant influence between the peer variable (X) on student learning motivation (Y). It is hoped that this research can increase insight for BK teachers by providing assistance so that students understand and develop their potential in better social relationships through midwifery and guidance and counseling services. Keywords: Learning Motivation, Peers

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Teman Sebaya. Learning Motivation, Peers
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Rosa
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:05
Last Modified: 10 Jul 2024 08:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61550

Actions (login required)

View Item View Item