Faktor-faktor Penghambat Dalam Pemilihan Studi Lanjutan Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Kota Jambi

Christin, Adelina (2024) Faktor-faktor Penghambat Dalam Pemilihan Studi Lanjutan Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (115kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (56kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena tentang faktor-faktor penghambat dalam pemilihan studi lanjutan. Pemilihan studi lanjut merupakan salah satu tugas perkembangan khususnya bagi remaja dimana studi lanjut adalah salah satu kebutuhan bagi siswa yang mempunyai motivasi atau keinginan serta dorongan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Temuan fenomena di lapangan melalui observasi dan wawancara dengan guru BK serta siswa adalah adanya hambatan dalam pemilihan studi lanjutan pada siswa dari dalam diri maupun luar. Hal tersebut yang menjadi dasar tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang menghambat dalam pemilihan studi lanjutan pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 10 Kota Jambi yaitu sejumlah 273 siswa. Dan teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan signifikansi 5% maka didapat sampel pada penelitian ini adalah 162 siswa kelas XI SMA Negeri 10 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan instrument (angket). Untuk mengetahui ketepatan dan keabsahan instrument ini dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan bantuan program SPSS 25. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif persentase menggunakan rumus formula C. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal yang menghambat pemilihan studi lanjutan pada siswa kelas XI sebesar 53%, sedangkan faktor eksternal yang menghambat pemilihan studi lanjutan siswa kelas XI sebesar 53,7%. Kesimpulannya adalah siswa memiliki hambatan pada kedua faktor berada pada indikator kondisi fisik dan indikator teman. Saran yang diajukan kiranya bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memberikan layanan terkait dengan bidang karir pada siswa. The research was launched against the presence of phenomena of inhibitory factors in the selection of advanced studies. Selection of further studies is one of the developmental tasks especially for adolescents where further studies are one need for students who have the motivation or desire as well as the urge to continue studies to a higher level. The discovery of phenomena in the field through observations and interviews with BK teachers and students is an obstacle in the selection of advanced studies in students from inside and outside. The objective of this study is to identify internal and external factors that hinder the selection of advanced studies in eleventh grade students of Jambi State High School 10.The type of research used in this research is quantitative research with survey methods. For the population in this study is the entire student XI grade State High School 10 City Jambi which is a total of 273 students. And the sampling technique in this study uses simple random samplings with a significance of 5% then the samples obtained in this research are 162 students of XI grade High School State 10 City Jambi. The data collection technique is using instruments. (angket). To determine the accuracy and validity of this instrument, validity and reliability tests were conducted using the help of the SPSS 25 program. The data analysis techniques used in this study were descriptive analysis techniques using the formula C formula. Based on the results of this study, it was shown that the internal factors that hindered the selection of advanced studies in eleventh grade students was 53%, whereas the external factors that prevented the choice of the advanced study of eleventennial students was 53.7%.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: faktor penghambat, studi lanjutan, siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: HUTAGALUNG
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:04
Last Modified: 10 Jul 2024 07:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61567

Actions (login required)

View Item View Item