UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENGENAI ANXIETY DISORDER DENGAN LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING (SFBC) DI SMPN 7 KOTA JAMBI

Rami, M Septiawan (2024) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENGENAI ANXIETY DISORDER DENGAN LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING (SFBC) DI SMPN 7 KOTA JAMBI. S1 thesis, Bimbingan dan Konseling.

[img] Text
Skripsi M Septiawan Rasmi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
cover m septiawan rasmi.pdf

Download (201kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Surat Keterangan penyerahan skripsi.pdf

Download (353kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (268kB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi : Upaya Meningkatkan Pemahaman Mengenai Anxiety Disorder Dengan Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) di SMPN 7 Kota Jambi Nama : M.Septiawan Rasmi NIM : A1E119027 Dosen Pembimbing I : Muhammad Ferdiansyah,S.Pd.,M.Pd.,Kons Dosen Pembimbing II : Affan Yusra,S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan Layanan Informasi dengan Pendekatan Solution-Focused Brief Counseling (SFBC) dalam meningkatkan pemahaman mengenai Anxiety Disorder di SMPN 7 Kota Jambi. Anxiety Disorder merupakan masalah kesehatan mental yang memengaruhi kesejahteraan siswa dan dapat menghambat proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian tindakan layanan (PTL). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP 7 Kota Jambi yang berjumlah 31 siswa. Kelas IX A dijadikan sebagai subjek penelitian berdasarkan hasil wawancara dengan guru BK. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus, setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan dalam layanan informasi menggunakan media PPT dan film pendek Metode penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner sebelum dan setelah penerapan layanan. Intervensi dilakukan menggunakan SFBC, yang fokus pada solusi dan kekuatan siswa, dengan tujuan mengurangi tingkat kecemasan dan meningkatkan pemahaman mengenai Anxiety Disorder. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan yaitu upaya meningkatkan pemahaman mengenai Anxiety Disorder dengan layanan informasi dengan menggunakan pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) pada siswa/i SMPN 7 Kota Jambi di kelas IX A pada pelaksanaan layanan ini di lakukan sebanyak 3 siklus dengan masing-masing 2 pertemuan, pada siklus I didapat sebanyak 51% (Rendah), siklus II sebanyak 57% (Sedang) dan siklus ke III sebanyak 77% (Tinggi) artinya terdapat peningkatan pada pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) terhadap pemahaman siswa/i dalam memahami Anxiety Disorder Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan metode pendekatan konseling yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah untuk meningkatkan pemahaman mengenai Anxiety Disorder pada siswa. Implikasi praktis penelitian ini dapat membantu sekolah dalam menyediakan layanan informasi yang lebih efektif dan mendukung kesejahteraan mental siswa. Kata Kunci:Anxiety Disorder,Solution Focused Brief Counseling,Layanan Informasi

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RASMI
Date Deposited: 05 Mar 2024 03:49
Last Modified: 05 Mar 2024 03:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61668

Actions (login required)

View Item View Item