INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR MELALUI APLIKASI M-PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI KOTA JAMBI

Laode, M. Figri Riandy Onofa and Hapsa, Hapsa and Rohayati, Wahyu INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR MELALUI APLIKASI M-PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI KOTA JAMBI. JIP. (Submitted)

[img] Text
cetak skripsi fix nian.pdf

Download (1MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (46kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan dan Persetujuan.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

Direktorat Jendral Imigrasi (Ditjen Imigrasi) Kementrian Hukum dan HAM meluncurkan inovasi terbaru dalam digitalisasi layanan paspor melalui aplikasi mobile paspor (M-Paspor) pada 27 januari 2022. Inovasi pelayanan publik dalam pembuatan paspor melalui aplikasi M-Paspor bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan bagi masyarakat dalam mengurus dokumen perjalanan internasional. Dengan menggunakan aplikasi M- Paspor, masyarakat dapat mengurus pembuatan paspor secara online dan tidak perlu datang ke kantor imigrasi secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat keberhasilan inovasi yang ada pada program M-Paspor serta mengetahui kualitas pelayanan petugas di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif evaluatif. Data yang dihimpun dalam penelitian ini adalah mengevaluasi dan mengukur keberhasilan suatu program. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keunggulan inovasi dalam aplikasi M-Paspor tersebut dalam mengunggah berkas secara mandiri dan efektif serta efisien serta adanya peningkatan pelayanan dalam pembuatan paspor dengan kemampuan petugas untuk menerima pemohon yang mengajukan permohonan lewat jalur online, merespon setiap pemohon dengan sebaik mungkin, pemohon mendapatkan kepastian biaya dalam permohonan paspor, kemudahan dalam proses pelayanan, kedisiplinan para petugas dan kepentingan pemohon menjadi prioritas para petugas dalam memberikan pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan terdapat Tingkat keberhasilan inovasi pelayanan M-Paspor dalam pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi melalui beberapa indikator dimana inovasi pelayanan pembuatan paspor yang diterapkan saat ini memiliki unsur kebaruan dari inovasi serta pengimplementasian pelayanan Aplkikasi M-Paspor telah sesuai berdasarkan standar prosedur operasional (SOP) yang berlaku.

Type: Article
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: LAODE
Date Deposited: 05 Mar 2024 07:40
Last Modified: 05 Mar 2024 07:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61682

Actions (login required)

View Item View Item