PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS STEM BERBANTUAN WEB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI DETERMINAN DAN INVERS MATRIKS

Saputra, Wandi (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS STEM BERBANTUAN WEB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI DETERMINAN DAN INVERS MATRIKS. S1 thesis, Pendidikan Matematika.

[img] Text
Skripsi Full.pdf

Download (10MB)
[img] Text
COVER pages 1 s.d 2.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (197kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini muncul dari rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa, kurangnya pemanfaatan media ICT, dan terbatasnya sumber belajar. Oleh karenanya diperlukan tujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi video animasi berbasis STEM berbantuan web sebagai alat pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Determinan dan Invers Matriks. Proses pengembangan video animasi ini menggunakan model DDD-E (Decide, Design, Develop, and Evaluate). Tahap Decide melibatkan penetapan tujuan pembelajaran, penentuan tema dan ruang lingkup multimedia, pengembangan kemampuan prasyarat, serta penilaian sumber daya. Pada tahap Design, dilakukan pembuatan outline konten, flowchart, desain tampilan, dan storyboard. Tahap Develop mencakup produksi video animasi menggunakan Plotagon Studio dan Canva, serta pembangunan platform web menggunakan Google Sites. Evaluasi dilakukan pada tahap Evaluate, dengan melibatkan uji validasi produk, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji lapangan. Hasil penilaian menunjukkan bahwa video animasi berbasis STEM berbantuan web ini mencapai nilai validitas materi sebesar 84,21% dan validitas desain sebesar 83,07%. Video juga memperoleh kriteria sangat praktis berdasarkan analisis kepraktisan dengan rincian 91,42% pada uji perseorangan dan 89,11% pada uji kelompok kecil. Di sisi lain, uji kelompok besar memperoleh nilai 79,57%. Hasil demikian memberikan kesimpulan bahwa video yang dikembangkan mampu memberikan konten matematika yang akurat, serta pengalaman pengguna yang mudah dan memuaskan. Penggunaan video animasi juga dikatakan sudah cukup efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan nilai N-Gain sebesar 66%. Implikasi penelitian ini mencakup potensi penggunaan sebagai bahan ajar dan kebutuhan uji lapangan lebih luas. Saran untuk penelitian selanjutnya mencakup pengembangan lebih lanjut dan pengujian pada kelompok sampel yang lebih besar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Saputra
Date Deposited: 07 Mar 2024 03:42
Last Modified: 07 Mar 2024 03:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61749

Actions (login required)

View Item View Item