Maulindah, Laila (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MUATAN IPA DI KELAS V SDN 182/I HUTAN LINDUNG. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (7kB) |
![]() |
Text (Halaman Judul dan Cover)
Halaman Judul dan Cover.pdf - Published Version Download (23kB) |
![]() |
Text (Halaman Persetujuan dan Pengesahan)
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version Download (447kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (222kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (12kB) |
![]() |
Text (Daftar Rujukan)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version Download (11kB) |
![]() |
Text (Skripsi Lengkap Laila Maulindah)
SKRIPSI_LAILA MAULINDAH_A1D119012.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Kata Kunci: Model PjBL, Keterampilan Proses Sains Berdasarkan observasi yang dilakukan terhadap proses pembelajaran pada muatan IPA di kelas V SDN 182/I Hutan Lindung, peneliti mendapati permasalahan mengenai masih rendahnya keterampilan proses sains siswa. Penyebab kurangnya keterampilan proses sains dalam muatan IPA pada siswa kelas V SDN 182/I Hutan Lindung ialah karena siswa kurang mampu menggunakan pengetahuannya dalam menguraikan dan menyampaikan konsep yang diperoleh dari kegiatan mengamati sehingga siswa juga kurang mampu ketika guru meminta untuk memberikan klasifikasi dan tafsirannya terhadap hasil pengamatannya. Kegiatan pembelajaran yang berfokus pada teori saja juga menyebabkan siswa kurang mampu untuk menguasai indikator keterampilan proses sains dalam pembelajaran. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini ialah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains siswa pada muatan IPA melalui penerapan model Project Based Learning di kelas V SDN 182/I Hutan Lindung. Penelitian ini menggunakan data penelitian yang diperoleh melalui kegiatan observasi dan wawancara. Kemudian data penelitian diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan yang masing-masing pertemuan memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Project Based Learning pada muatan IPA di kelas V dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari analisis data tiap siklus. Keterampilan proses sains siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 60,27% kemudian meningkat pada pertemuan II sebanyak 8,63% sehingga menjadi 68,9%. Keterampilan proses sains siswa pada siklus II pertemuan I sebesar 69,34% kemudian meningkat pada pertemuan II sebanyak 4,76% sehingga menjadi 74,1%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, hendaknya guru dapat menerapkan pembelajaran yang berbasis proyek sesuai dengan tahapan-tahapannya agar dapat memenuhi keterampilan yang dibutuhkan di abad 21. Kemudian menyiapkan materi pembelajaran, waktu dan fasilitas yang dibutuhkan dengan matang untuk pengerjaan suatu proyek dan memberikan tugas proyek yang disesuaikan dengan kemampuan rata-rata siswa dalam satu kelas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model PjBL, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Maulindah |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 06:21 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 06:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61865 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |