PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Hindicha, Yuliana (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text (Halaman Judul dan Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (Daftar Rujukan)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Skripsi lengkap Yuliana Hindicha)
SKRIPSI_YULIANA HINDICHA_A1D119035.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan)
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf - Published Version

Download (496kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran berbasis proyek, kreativitas, IPA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pmbelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siwa pada muatan pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 13/I Muara Bulian tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara memberikan tes tertulis soal uraian kepada siswa. Kemudian data diolah untuk membandingkan hasil pengukuran akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran berbasis proyek kelas V SDN 13/I Muara Bulian lebih berpengaruh dari pada penggunaan model pembelajaran lansung pada hasil kreativitas siswa. Penggunaan model pembelajaran berbasis proyek diperoleh rata-rata pengukuran akhir sebesar 74,12 dan model pembelajaran lansung memperoleh rata-rata pengukuran akhir sebesar 64,54. Berdasarkan uji-t yang telah dilakukan diperolah hasil thitung (2,445) dan ttabel (1,677). Berdasarkan kriteria pengujiannya hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, dan terdapat perbedaan hasil model pembelajaran berbasis proyek dengan model pembelajaran lansung. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pembelajaran menggunakan model pembeljaran berbasisi proyek dengan model pembelajaran lansung. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dana memberikan pembelajaran IPA. Pendidikan diharapkan mampu memberikan pengaajaran yang menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaan dengan suasana belajar yang meyenangkan . hal ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan kreativitas siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis proyek, kreativitas, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: HINDICHA
Date Deposited: 13 Mar 2024 07:35
Last Modified: 13 Mar 2024 07:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61871

Actions (login required)

View Item View Item