PENGEMBANGAN MODUL EKONOMI BERBASIS E-LEARNING QUIPPER SCHOOL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

LESMANA, HENDRA PENGEMBANGAN MODUL EKONOMI BERBASIS E-LEARNING QUIPPER SCHOOL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MODUL EKONOMI BERBASIS E-LEARNING QUIPPER SCHOOL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (74kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (428kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)

Abstract

ABSTRAK Lesmana, Hendra. 2018. Pengembangan Modul Ekonomi Berbasis E-Learning Quipper School pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 11 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Ekawarna, M.Psi (II) Fachrudduansyah Muslim, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Modul, E-Learning Quipper School, Pelajaran Ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk modul ekonomi berbasis E-Learning Quipper School pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 11 Kota Jambi yang valid menurut ahli serta untuk mengetahui efektivitas dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development yang menggunakan model dan prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen validasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) lembar validasi untuk ahli materi; (2) lembar validasi untuk ahli desain pembelajaran, untuk menilai kelayakan modul; (3) lembar tanggapan guru; dan (4) lembar tanggapan siswa yang digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap modul. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi modul oleh ahli materi dan ahli desain pembelajaran. Validasi oleh ahli materi dilakukan sebanyak dua kali, validasi pertama mendapatkan persentase kualitas sebesar 77,69%, dan validasi kedua mendapatkan persentase kualitas sebesar 92,3%. Validasi oleh ahli design pembelajaran juga dilakukan sebanyak dua kali, dimana validasi pertama mendapatkan persentase kualitas sebesar 63,07%, dan validasi kedua mendapatkan persentase kualitas sebesar 87,69%. Tahap uji coba produk melibatkan satu orang guru ekonomi yang memperoleh hasil penilaian 89,52% pada kategori “sangat baik”, tahap uji coba skala kecil yang melibatkan 10 orang siswa kelas X dengan hasil penilaian 85,8% pada kategori “sangat baik”, dan pada uji coba skala besar yang berjumlah 29 orang siswa kelas dengan hasil respon siswa terhadap penggunaan modul sebesar 85,44% pada kategori “sangat baik”. Pada uji coba efektivitas bahan ajar yang dilakukan pada 37 siswa, uji PreTest diperoleh hasil nilai rata-rata siwa sebesar 75 dan Uji PosTest sebesar 85 dengan peningkatan sebesar 12,49%. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa modul ekonomi berbasis E-Learning Quipper School pada mata pelajaran ekonomi layak untuk digunakan dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HENDRA LESMANA
Date Deposited: 04 Dec 2018 03:06
Last Modified: 04 Dec 2018 03:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6194

Actions (login required)

View Item View Item